Mohon tunggu...
Aisyah G Rafiqah
Aisyah G Rafiqah Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar yang baru nyemplung ke dunia blog hehed

newbie:)

Selanjutnya

Tutup

Music

Debut A20 MAY: Langkah Baru Lee Sooman di A20 Entertainment

24 Desember 2024   00:05 Diperbarui: 24 Desember 2024   00:05 486
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Nama Lee Soo Man tentunya sudah sangat familiar bagi pengikut setia industri k-pop. Setelah kabar Lee Soo Man meninggalkan SM Entertainment ia membuat agensi terbaru yakni  A20 Entertainment. Baru-baru ini telah mendebutkan girl group terbaru A20 MAY dengan rilisan musik video perdana berjudul 'Under My Skin (A20)' pada 20 Desember 2024 kemarin. Dengan berjumlah lima anggota: Kat, Miche, Quchang, Shijie, dan Chenyu. Dari nama-nama personelnya terlihat bahwa mayoritas berasal dari China.


Pada MV ''Under My Skin (A20)'' sekilas seperti lagu ''Mirotic" TVXQ yang rilis pada 15 tahun yang lalu. Dan ternyata, Sarah Connor, penyanyi asli versi demo lagu ini, turut berpartisipasi dalam perilisan debut A20 MAY.

"Both of them are original. The demo was sold to both company under the agreement of distribution in Europe and Asia. TVXQ are record the song first but Sarah conner release faster". Ungkap salah satu netizen.

Melalui situs resmi mereka mengumumkan bahwa mereka memperkenalkan genre musik terbaru yakni Zalpha Pop. Yang mana musik yang dibawakan oleh A20 May sebagai pembuka era musik Generasi Z dan Generasi Alpha. Selain itu, Steven Lee dan Yoo Young Jin turut berpartisipasi dalam perilisan video musik debut kali ini. Sebelumnya, keduanya telah lama dikenal dalam dunia produksi musik di SM entertainment. Banyak netizen merespon positif atas debutnya girl group ini. 

1. "I just love how all older groups and producers r coming back, because that means old kpop is being resurrected and I'm SO HAPPY"

2. "Just shows that LSM was SM. Love this new era."

3. "So far we have liked Lee Soo Man's taste "

Ditinjau dari platform promosi yg tertera seperti Weibo, Bilibili, dan Douyin jangkauan utamanya tampaknya adalah Tiongkok. Dilansir dari Maeil Business Newspaper pada 25 Oktober 2024, Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perjanjian non-persaingan antara Hybe Labels dan SM Entertainment yang ditandatangani Lee Soo Man sehingga timbul larangan untuk berpartisipasi dalam industri hiburan selama 3 tahun. Oleh karena itu, dibawah perusahaan pribadinya, Blooming Grace, A20 Entertainment masih dalam proses permohonan sebagai merek dagang domestik Korea Selatan.  

Dengan adanya inovasi Zalpha Pop, menjadikan A20 MAY memiliki potensi besar untuk membawa angin segar di industri C-Pop. Hal ini menjadi langkah awal yang kuat untuk mendominasi industri musik di masa depan. Mari kita nantikan kiprah selanjutnya dari Lee Soo Man dan A20 Entertainment. 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun