Mohon tunggu...
Aishwarya
Aishwarya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University

Saya adalah mahasiswa President University, Prodi Ilmu Komunikasi yang memiliki ketertarikan dalam bidang Jurnalisme dan Kehumasan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Lebih Dalam tentang Digital Marketing bareng Mohammad Reiza

28 Oktober 2022   19:40 Diperbarui: 28 Oktober 2022   19:55 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program studi Ilmu Komunikasi President University mengadakan sebuah seminar mengenai strategi Public Relation berjudul "Digital Marketing Strategies and Tactics in Pharmacy Industry"di Fablab, President University, Cikarang, Kamis (27/10/2022). 

Gelaran kali ini mengundang Bapak Mohammad Reiza, selaku Social Media Specialist, Digital Marketing Division dari PT Kimia Farma, Tbk. Seminar ini mengangkan tema diskusi yang secara spesifik membahas mengenai strategi PR dalam beradaptasi dan menjaga hubungan antara perusahaan Kesehatan dengan publik dengan menerapkan beberapa proses PR.

Beliau menuturkan, rencana pemasaran digital adalah proses paling awal yang juga merupakan kegiatan  yang secara strategis memetakan tujuan pemasaran dan tindakan dalam meraih tujuan tersebut . beberapa contohnya adalah perencanaan yang berfokus pada pemasaran digital, pencitraan merek di seluruh saluran digital, termasuk media sosial, situs web, dan pasar.

Dalam hal ini Mohammad Reiza membocorkan sedikit rencana PT Kimia Farma, Tbk. kedepannya, yang akan berencana menambah pemanfaatan digital untuk kegiatan pemasaran (webinar, podcast, e-majalah dan radio online) termasuk event online dan kerjasama dengan KOL (Key Opinion Leader).

lalu proses kedua adalah eksekusi, proses ini mengharuskan pelakunya untuk menuangkan banyak ide pada proses kreatif. 

Proses kreatif tersendiri terdiri dari 5 langkah :


langkah pertama adalah merencanakan, meneliti ekosistem digital dan tren terbaru termasuk apa pesaing
dan warga digital lakukan.


Langkah kedua adalah membuat, Setelah perencanaan siap, maka ide-ide yang telah dituangkan dalam perencanaan
media diterjemahkan ke dalam konten visual, baik dalam bentuk gambar statis atau bergerak yang menarik.


Langkah ketiga adalah memposting, Setelah konten visual disetujui oleh tim Pemasaran Digital dan merek
tim, konten tersebut kemudian diposting di media sosial.


Langkah keempat adalah konversi, Konten yang dibuat diharapkan mampu meningkatkan brand awareness di antara komunitas digital, mengubah non-pengikut menjadi pengikut, dan mengubah konten menjadi penjualan.

Dan langkah kelima adalah monitoring & evaluasi (M&E), Di setiap akhir bulan, Digital Marketing tim akan mengevaluasi konten, tren untuk melihat apa yang perlu dikembangkan, ditingkatkan, dan dibangun secara berbeda yang disampaikan kepada tim merek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun