Mochi merupakan olahan kue beras yang mempunyai tekstur yang unik, lembut, dan kenyal. Belum diketahui pasti bagaimana asal-usul mochi berasal, meskipun sering dianggap sebagai makanan khas Jepang, namun banyak sumber yang mengatakan bahwa mochi sejatinya diperkenalkan oleh Tiongkok kuno yang kemudian diperkenalkan ke Jepang dari Asia Tenggara setelah penanaman padi diperkenalkan ke Jepang.Â
Dikutip dari Britannica, di Jepang, mochi biasa diolah dengan cara dipanggang atau disantap dalam sup panas yang disebut zoni. Biasanya hidangan itu dinikmati saat sarapan pada tahun baru. Di Indonesia sendiri, mochi dikenal sebagai hidangan pencuci mulut karena rasanya yang manis. Mochi di Indonesia dikenal identik dengan rasa kacang yang kuat, namun beberapa tahun ini, banyak produsen mochi yang menginovasikan varian rasa mochi yang lebih unik dan kekinian.Â
Salah satu UMKM yang memperkenalkan variasi rasa mochi yang unik adalah Mochi Ajaib. Mochi Ajaib merupakan UMKM mochi yang didirikan di Malang, Jawa Timur pada tahun 2023. Pendiri sekaligus pemilik Mochi Ajaib, Syifa Mufidah dan Nisrina Salsabila mengatakan bahwa pada awal bisnis mereka didirikan, mereka tidak pernah terpikir bahwa Mochi Ajaib akan menjadi sebuah UMKM yang digemari oleh banyak orang. "Pada awalnya, kami hanya iseng membuat Mochi Ajaib untuk menambah uang saku selama merantau dan untuk mengisi waktu luang" Ungkap Syifa Mufidah.Â
Mochi Ajaib kini telah berekspansi ke Depok dan DKI Jakarta, terkhusus di Jakarta Selatan.  Mochi Ajaib menawarkan varian yang inovatif, seperti mochi cream yang berisikan buah segar seperti buah peach, mangga, dan stroberi hingga varian rasa yang belum pernah ada di UMKM mochi lainnya yaitu mochi crumble. Mochi crumble sendiri merupakan mochi yang berisikan remahan kukis yang terdiri dari berbagai rasa seperti cokelat, matcha, tiramisu, dan hazelnut. Terdapat dua jenis varian mochi crumble yaitu crumble daifuku yang berisi stroberi dan mochi crumble biasa. Variasi ini tergolong unik karena pada umumnya, mochi daifuku diisi dengan pasta atau selai. Kini, mochi crumble menjadi ciri khas dari Mochi Ajaib.Â
Media promosi yang digunakan oleh kedua pemilik berfokus pada media sosial Instagram dan juga TikTok. Mochi Ajaib menyajikan konten-konten yang berfokus pada entertainment dan product knowledge dari Mochi Ajaib. Dalam pengemasan konten, Nisrina Mufidah selaku pemilik dan social media specialist dari Mochi Ajaib memfokuskan pada konten komedi yang bisa menarik perhatian masyarakat, serta konten edukatif mengenai varian rasa, hingga penyimpanan produk Mochi Ajaib.Â
Mochi Ajaib juga menjadi pemasok bagi beberapa swalayan di daerah Jakarta seperti FoodHall, K3 Mart, dan M Bloc Market. Mochi Ajaib juga dapat dipesan secara daring melalui website yang tertera di Instagram @mochi.ajaib. Syifa dan Nisrina selaku pendiri dan pemilik dari Mochi Ajaib berharap bahwa kedepannya, Mochi Ajaib dapat dinikmati oleh lebih banyak kalangan lagi dan bisa menjadi UMKM yang lebih kuat dan dikenal oleh masyarakat luas. Diharapkan melalui upaya yang telah mereka lakukan, mereka dapat membawa lebih banyak keajaiban yang mereka hadirkan melalui Mochi Ajaib.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H