Cianjur, 10 Januari 2024 -- SMP Islam Cendekia Cianjur sukses menggelar acara Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema "Kearifan Lokal". Kegiatan ini merupakan puncak dari serangkaian aktivitas yang telah dilaksanakan sejak awal semester pertama, dengan tujuan memperkenalkan dan melestarikan permainan tradisional kepada para siswa.
Mengusung topik permainan tradisional, koordinator Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Islam Cendekia Cianjur bersama tim dan pihak kurikulum merancang program yang bertujuan membangun kesadaran siswa terhadap kekayaan budaya bangsa. Pembagian permainan untuk masing-masing kelas diantaranya 7A Tuk tuk Geni, 7B Cublak cublak suweng, 7C Petak Umpet dan Bola Bekel, 7D Permainan Gundu dan  Tali Karet,  8A Congklak dan Egrang, 8B Gobak Sodor dan Patok Lele, 8C Naga panjang dan Engklek, 8D Dam daman dan Boi boian,  9A dan B Bebentengan, 9C dan 9D ABC 5 dasar. Permainan tradisional  menjadi fokus pembelajaran selama kurang lebih satu semester. Selama proses tersebut, siswa tidak hanya mempelajari teknik bermain tetapi juga nilai-nilai sejarah, budaya, dan filosofi  yang terkandung dalam setiap permainan.
Acara puncak yang berlangsung di Aula Annisa pada Jumat, 10 Januari 2024, berlangsung dengan meriah. Berbagai lomba kreatif seperti pembuatan video, presentasi, dan cerdas cermat menghidupkan suasana. Setiap kelas menampilkan hasil pembelajaran mereka dengan penuh antusiasme dan kreativitas. Para siswa menunjukkan kebanggaan atas budaya lokal melalui karya-karya mereka yang mengesankan.
Dalam sambutannya, Kepala SMP Islam Cendekia Cianjur menyampaikan apresiasi mendalam atas usaha dan partisipasi semua pihak. Beliau menyatakan, "Kegiatan ini bukan sekadar pembelajaran, tetapi juga langkah nyata dalam menanamkan cinta budaya kepada generasi muda. Dengan tema 'Melestarikan Budaya, Sebagai Wujud Cinta dan Jati Diri Bangsa', saya berharap anak-anak kita dapat tumbuh menjadi generasi yang bangga dengan identitas bangsanya dan berkontribusi dalam melestarikan budaya bangsa."
Dari perlombaan tersebut didapat beberapa juara lomba diantaranya juara lomba pembuatan video permainan tradisional secara berurutan dari juara ke satu kelas 9 putra, juara II kelas 7A, dan juara ke III kelas 8C, begitu juga dengan lomba presentasi didapat beberapa juara diantaranya Juara I kelas 8D, juara II kelas 8C, dan juara III kelas 7C. Untuk juara LCC hanya diambil satu juara yakni  juara I diraih oleh kelas 8D. Selamat untuk para pemenang, dan untuk yang belum berhasil, semoga tidak patah semangat, kalian sudah melakukan yang terbaik dan yang paling utama adalah belajar dan esensi dari setiap kegiatan dan pembelajaran.
Acara yang berlangsung hingga sore hari tersebut berhasil menciptakan suasana penuh kebahagiaan dan kebersamaan. Para siswa, guru, dan panitia acara menikmati setiap momen dari kegiatan ini.