Berbelanja online kini menjadi kebiasaan baru masyarakat Indonesia. Sejak diperkenalkannya marketplace pertama belasan tahun lalu, sampai munculnya banyak marketplace lain. Makin banyak pilihan produk, makin banyak penjual, makin mudah pula berbelanja tanpa bertatap muka.
Saya termasuk orang yang serba digital, yang kadang membuat kesal orang lain karena kalau ditanya, “ada uang tunai gak?” Jawabnya selalu, “yah, gak ada, biasa pakai dompet digital.” Bukan bermaksud pamer, tetapi memang saya orang yang sangat boros apabila memegang uang tunai. Lebih aman, praktis, dan hemat memegang uang digital bagi saya. Meski terkadang, saat butuh tunai agak sedikit ribet.
Saya orang yang cukup konsumtif mengenai belanja online, hampir semua marketplace terkenal saya punya akunnya. Saya pun pernah bekerja di salah satu marketplace sebagai customer service beberapa tahun silam, sehingga rasanya sudah menjadi kebiasaan belanja online.
Namun, tahun ini agak sedikit berbeda. Februari 2023, saya memilih istirahat sejenak dari pekerjaan kantor. Memilih menikmati masa menjadi ibu rumah tangga, dan fokus memberikan ASI eksklusif secara langsung pada anak kedua.
Tentu, pilihan itu memiliki dampak yang sangat besar bagi ekonomi keluarga. Uang jajan berkurang, keaktifan belanja online juga berkurang, lebih selektif dalam pembelian barang, mengutamakan kebutuhan pokok keluarga dahulu.
Ada satu pembelian yang menurut saya menjadi Pembelian Terbaik 2023, pembelian yang mampu membawa kebahagiaan pada keluarga. Pembelian apakah itu?
Cara saya meyakinkan diri sebelum membeli produk di online shop
Saya orang yang konsumtif, tetapi saya juga sangat selektif memilih barang saat berbelanja online. Saya tidak pernah membeli barang hanya karena keinginan sesaat saja. Justru menurut orang lain, saya orang yang terlalu banyak pertimbangan. Sudah tahu dong karakternya libra?
Saat belanja online, saya selalu melihat rating toko, rating produk, dengan minimal rating harus 4,8. Tak hanya sampai di situ, saya juga melihat berapa banyak pembeli yang memberikan bintang tiga kebawah pada toko tersebut.
Memastikan foto produk dengan foto yang diterima oleh pembeli yang memberikan ulasan sama atau produk asli dengan kualitas baik. Kemudian, membaca mayoritas alasan pembeli memberikan bintang rendah, dan cara pegawai toko online atau online shop menanggapi bintang jelek yang diberikan pembeli.