Mohon tunggu...
Airani Listia
Airani Listia Mohon Tunggu... Penulis - Ibu Rumah Tangga dan Freelance Content Writer

Mantan pekerja yang sedang sibuk menjadi emak-emak masa kini. Hobi menyebarkan kebaikan dengan tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

Makeba, Lagu Viral Penghormatan untuk Mama Afrika

10 Juli 2023   11:18 Diperbarui: 10 Juli 2023   19:00 1128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
foto Miriam Makeba I Sumber: sahistory.org.za/African Succes

Kamu pasti sudah tidak asing dengan lagu yang berjudul "Makeba", bukan? Lagu itu sangat populer belakangan ini. Bahkan sudah ditonton sebanyak 190 juta kali di YouTube.

Saat saya mengunjungi TikTok dan Instagram, secepat kilat saya langsung mendengar banyak unggahan menggunakan potongan lagu itu. Dengan gerakan dance uniknya, dan penggalan kata "Ooohe!" yang sangat unik, sehingga lagu itu viral dan ditiru banyak warga media sosial.


Official Video lagu "Makeba" I sumber : youtube.com/JAIN

Padahal, lagu "Makeba" sebenarnya sudah rilis sejak 2016, lho. Lagu itu dinyanyikan oleh Jain, seorang penyanyi asal Prancis. Penasaran siapa sosok yang menginspirasi Jain membawakan lagu itu?

Miriam Makeba, penyanyi yang sempat diasingkan

Saking penasarannya melihat lagu itu berseliweran di media sosial, saya mencoba mencari tahu mengenai siapa penyanyinya. Awalnya saya tidak terlalu tertarik, sampai saya menonton sendiri di YouTube. Dan tidak disangka ternyata lagu "Makeba" terinspirasi dari semangat Miriam Makeba.

Saya cobalah untuk mencari tahu lagi, siapa sih sosok Miriam Makeba itu? Setelah mengetahuinya, saya langsung takjub pada sosoknya.

Saya mengunjungi situs web sahistory.org.za, yaitu sebuah web yang membahas mengenai sejarah Afrika Selatan. Dari situ saya menemukan fakta dan sejarah perjuangan seorang penyanyi terkenal asal Afrika Selatan. Miriam Makeba, yang lebih dikenal dengan sebutan Mama Afrika adalah seorang penyanyi yang lahir pada 4 Maret 1932 di Johannesburg, Afrika Selatan.

Masa kecil Miriam Makeba cukup memilukan, ia pernah dipenjara bersama ibunya karena usianya masih 18 hari. Kala itu ibunya sempat dipenjara selama 6 bulan karena membuat bir ilegal demi memenuhi kebutuhan. Pada usia 5 tahun, ayahnya meninggal. Kemudian, Makeba akhirnya tinggal bersama neneknya di Riverside, Pretoria.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun