Kurikulum sangat berhubungan erat dengan usaha mengembangkan kemampuan peserta didik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Kurikulum bisa diartikan sebagai dokumen yang berisi materi pelajaran dan pengalaman belajar yang harus dilakukan oleh peserta didik, strategi dan cara yang dapat dikembangkan, sistem evaluasi pembelajaran serta implementasi dari dokumen yang dirancang dalam bentuk nyata.
Pembaharuan kurikulum dalam dunia pendidikan merupakan salah satu solusi untuk menaikkan kuaitas di bidang pendidikan sebagai bentuk perbaikan dari kurikulum sebelumnya disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini. Artikel ini akan membahas apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum dan sejarah pembaharuan kurikulum di Indonesia.
Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Kurikulum?
Perubahan kurikulum merupakan suatu keharusan yang dilakukan dalam dunia pendidikan karena kurikulum digunakan untuk beradaptasi dalam menghadapi tantangan yang baru dan memenuhi pendidikan yang sesuai dengan generasinya. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan kurikulum:
1. Arus GlobalisasiÂ
Dalam era globalisasi saat ini dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi bisa menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam berbagai bidang, serta membawa perubahan dalam kehidupan manusia yang bisa memunculkan berbagai permasalahan dalam bidang yang ada.
Pendidikan dapat menghindari arus globalisasi yang membawa pengaruh dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat, seperti masuknya budaya lain ke Indonesia dan mempengaruhi adat istiadat yang ada sejak lama. Globalisasi menjadi suatu ancaman dalam pendidikan karakter bangsa Indonesia khususnya usia-usia remaja yang masih labil terhadap pendidikan karakter peserta didik.
2. Masalah Mutu Pendidikan
Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 bermaksud agar pendidikan tidak hanya membentuk bangsa Indonesia yang cerdas melainkan juga memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Meningkatkan kualitas pendidikan sama halnya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Melalui berbagai usaha ,seperti pengembangan dan perbaikan kurikulum dan evaluasi pendidikan, sarana pendidikan, pengembangan materi ajar, serta mengadakan pelatihan bagi guru dan tenaga pendidik lainnya.Â
3. Kemajuan Teknologi dan Informasi
Sistem pendidikan Indonesia harus terus meningkatkan perubahan untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih bermutu kedepannya. Perubahan kurikulum diperlukan untuk menyesuaikan pendidikan dengan perubahan zaman yang semakin berkembang. Kurikulum harus mampu mengimplementasikan perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan, dan nilai-nilai budaya yang relevan dengan kehidupan masa kini.Â
4. Memenuhi Kebutuhan Peserta Didik
Setiap peserta didik memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda. Kurikulum yang disesuaikan dengan keberagaman siswa dapat memberikan peluang yang sama bagi setiap peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.Â
Sejarah Pembaharuan Kurikulum di Indonesia
Pembaharuan kurikulum di Indonesia telah mengalami berbagai fase: