Mohon tunggu...
KKN_T 14 Desa Jenggot
KKN_T 14 Desa Jenggot Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Terpadu Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Desa Jenggot

Kelompok 14 KKN-T 2024 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang berlokasi di Desa Jenggot, Kecamatan kerembung Kabupaten Sidoarjo

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKNT-14 : Sosialisasi Marketplace dan Pembuatan Label dalam Minuman Herbal Cukai Apel

10 September 2024   08:30 Diperbarui: 10 September 2024   08:40 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada pertemuan pertama, kelompok KKN-14 dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan sosialisasi tentang pemanfaatan media sosial untuk branding dan pemasaran produk dilanjutkan praktik pembuatan cuka apel. Warga yang ikut juga difasilitasi alat dan bahan untuk membuat cuka apel selama kegiatan berlangsung. Alat yang disediakan berupa talenan, mangkok, pisau yang terbuat dari alumunium. Bahan-bahan yang disediakan kelompok kkn berupa apel malang.

Pertemuan kedua diadakan pada minggu, 25 Agustus 2024 diisi dengan pengenalan dan pembuatan kemasan serta label untuk produk cuka apel. Kelompok KKN 14 juga memilih media sosial yang tepat digunakan untuk memasarkan produk cuka apel yaitu marketplace dari aplikasi Shopee. Dipilihnya marketplace Shopee ini yaitu karena setelah diskusi dengan para pelaku UMKM di Dusun jenggot, warga rata-rata memiliki akun Shopee namun belum pernah menjual atau memasarkan produknya lewat aplikasi tersebut. Marketplace di Shopee juga lebih mudah untuk di aplikasikan. 

Dokumentasi produk cukai apel
Dokumentasi produk cukai apel
"Adanya kegiatan ini menambah ilmu baru bagi kami warga jenggot dalam mengelola pembuatan cuka apel memiliki banyak manfaat seperti penurunan tekanan darah dan berat badan, serta meningkatkan sensitivitas insulin dan bagaimana cara menggunakan marketplace dari aplikasi Shopee." ujar bu dian salah satu pelaku UMKM Desa jenggot. 

Kegiatan berjalan lancer dan mendapat respon positif dari masyarakat desa jenggot. Tim KKN kelompok 14 umsida sangat berharap program kerja ini dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat pelaku UMKM di Desa Jenggot dalam mengenal dan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran produk UMKM cuka apel

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun