Mohon tunggu...
Humaniora

Efek Organisasi terhadap Menghafal

16 April 2018   08:16 Diperbarui: 16 April 2018   09:28 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Seorang siswa dituntut bukan hanya pandai dalam belajar tetapi juga pada keaktifan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan dalam sekolah, termasuk adanya organisasi-organisasi yang membantu sekolah dalam mengadakan acara-acara atau event.

Organisasi sangat menolong pengingatan informasi. Baik informasi berupa daftar berisi kata-kata benda, cerita-cerita, teks pelajaran, maupun data menunjukkan banyak organisasi.

Seorang peneliti yussen, E. Gagne, Gargiulo, dan kunen (1974) menyatakan bahwa jumlah yang dihafal akan meningkat dengan tingginya kelas murid. Demikian pula jumlah yang dikelompokkan. Pengelompokan diukur dengan dua atau lebih item dari sub himpunan yang sama dihafalkan secara berturut-turut . Rupanya dengan mengorganisasi output respons menjadi kategori-kategori, penggagalan dapat ditinggikan.

Proses organisasi meningkatkan kemampuan menghafal baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun