Kelompok MBKM Desa Donomulyo Universitas Negeri Malang gelombang 1 melakukan kegiatan pendampingan berbentuk seminar branding yang ditujukan untuk warga desa. Dimana persertanya terdiri dari pelaku UMKM, anggota karang taruna dan anggota PKK. Isi dari kegiatan pendampingan diantaranya yaitu penjelasan mengenai dasar pentingnya membangun branding produk, praktik paten brand produk dan bagaimana menentukan target pasar.
Kegiatan ini dilakukan, berdasarkan permintaan dari kepala desa karena banyak dari produk UMKM yang berpotensi menjadi produk unggulan daerah namun tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Data menunjukkan ada 30 UMKM yang terdaftar dengan berbagai bidang diantaranya batik tulis, kuliner, peternak sapi dan ayam, agribisnis, dan batako.Â
Narasumber dari seminar ini yaitu Ibu Bety Bety Dwi Kurniawati. Beliau sebagai  Manager Sertifikasi, Owner di LSP Pariwisata Phuri Nusantara, sebagai Direktur di Odifa Tourism Consultant, dan Owner produk Pik Puk (Kripik Krupuk). Waktu pelaksanaan pada hari minggu, 28 November 2021 dan tempat pelaksaan di gedung Trisula Desa Donomulyo.
Hasil dari seminar, peserta yang hadir dapat mengetahui cara mendaftar paten produk ke situs HKI, memahami cara memasarkan dan menargetkan pasar. Harapannya peserta yang hadir dapat menerapkan ilmu yang diberikan dan meningkatkan penjualan produk serta dapat memotivasi peserta lain untuk memulai bisnis.Â
Oleh kelompok MBKM Membangun Desa Donomulyo, Universitas Negeri Malang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H