KKB Back To Village III Universitas Jember (KKN BTV 3 UNEJ) merupakan sebuah program pengabdian dari mahasiswa kepada masyarakat dimasa pandemi covid-19 dengan menjalakan program secara mandiri di desa masing-masing mahasiswa bertempat tinggal. Dalam KKN, Universitas jember memberikan wadah kepada mahasiswa untuk menuangkan ilmunya kepada masyarakat agar ilmu tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Bondowoso yang dikenal dengan sebutan kota tape ini merupakan suatu wilayah yang ada dijawa timur, dimana daerah ini adalah salah satu kabupaten yang menjadi sasaran lokasi dari mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ. Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Ainun Hasri yang menetapkan sasaran lokasi di desa Glingseran kecamatan Wringin kabupaten Bondowoso. Ainun  mengangkat topik Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19, dibawah bimbingan Ir. Gatot Subroto, MP selaku dosen pembimbing lapangan dari kelompok 13.
Desa Glingseran, Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu desa yang memiliki potensi pariwisata, kekayaan alam dan juga pendidikan, terutama dalam peningkatan literasi yaitu didukung dengan banyak tenaga pendidik di desa glingseran salah satunya yaitu guru. Pada masa pandemi covid-19 ini semua pendidik diharuskan untuk melakukan proses belajar mangajar secara online. Namun, kurangnya inovasi dan pengetahuan terhadap perkembangan digital membuat tenaga pendidik di desa glingseran yaitu guru mengalami kesulitan meskipun telah memiliki teknologi yang terbilang cukup lengkap. Â
Pandemi covid-19 juga memberikan sebuah dampak bagi semua sektor, tak terkecuali kepada dunia pendidikan. Pada pelaksanaan proses belajar mengajar digital ini, guru di desa Glingseran mengalami kesulitan saat proses belajar mengajar baik itu terkait dengan kurang dapat berinovasi dan kurang kondusifnya pada saat proses belajar mengajar dengan pembelajaran digital. Melihat permasalahan tersebut Ainun Hasri menyusun sebuah program kerja untuk KKN BTV 3 UNEJ yaitu Inovasi dan Pengembangan Metode Pembelajaran Digital Kepada Guru Ditengah Pandemi Covid-19 di Desa Glingseran.
Langkah pertama yang dilakukan Ainun Hasri adalah melakukan observasi, survey dan identifikasi masalah terhadap sasaran yaitu guru SMA/SMK dan dilanjutkan dengan penyampaian program kerja yang nantinya akan dilakukan. Adapaun bentuk pelaksanaan dari program kerja yang telah ditentukan diantaranya. Pertama, melakukan pelatihan dan pendampingan aplikasi metode pembelajaran digital yaitu berupa Google Meet, Khoot dan Video pembelajaran.Â
Kedua, memberikan sosialisasi tentang pola proses pembelajaran digital yaitu mengenai pengenalan terhadap pola pembelajaran secara umu, strategi proses pola pembelajaran digital dan manajemen proses pola pembelajaran digital. Sehingga dalam hal ini guru dapat meningkatkan inovasi dan mengondisikan situasi pembelajaran sehingga pembelajaran berjalan dengan menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
Pelaksana KKN BTV 3 UNEJ yakni Ainun Hasri berharap dengan terlaksananya program kerja KKN BTV 3 UNEJ dapat memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan potensi guru dalam proses metode pembalajaran digital, sehingga dalam proses belajar berjalan dengan lancar dan menarik.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI