MENGOPTIMALKAN POTENSI SUMBER DAYA INSANI DI ERA DIGITAL
NOR AINI
institul agama islam NAZHATUT THULLAB
Latar Belakang/Pendahuluan
Dalam era digital yang terus berkembang pesat, potensi sumber daya insani menjadi sangat penting dalam menghadapi tantangan dan peluang yang ditawarkan teknologi informasi. Sumber daya insani yang terdiri dari individu, pengetahuan, dan keterampilan adalah aset utama dalam mencapai keberhasilan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan perkuliahan. Namun, penggunaan sosial media dan perangkat digital dalam pendidikan perkuliahan juga membawa dampak signifikan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan optimasi terhadap potensi sumber daya insani untuk memaksimalkan manfaat dan mengatasi dampak negatif dari perkembangan teknologi.
Pembahasan/Isi
Di era digital saat ini, peran sumber daya insani menjadi semakin penting dalam menghadapi perubahan teknologi. Sumber daya insani melibatkan individu dengan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Penggunaan sosial media di pendidikan perkuliahan dapat memberikan manfaat besar jika digunakan dengan bijak. Mahasiswa dapat dengan mudah mengakses sumber belajar, berinteraksi dengan rekan sejawat, dan mendapatkan pembaruan terkait perkembangan ilmu pengetahuan.
Namun, dampak sosial media terhadap pendidikan perkuliahan juga perlu diperhatikan. Penggunaan yang tidak tepat atau berlebihan dapat menimbulkan ketergantungan atau gangguan dalam proses belajar. Selain itu, risiko plagiarisme dan penyebaran informasi palsu juga meningkat dengan semakin mudahnya mengakses dan menyebarkan informasi melalui sosial media.
Untuk mengoptimalkan potensi sumber daya insani di era digital, pendekatan yang holistik diperlukan. Institusi pendidikan harus melibatkan mahasiswa dalam pengembangan keterampilan digital, literasi informasi, dan etika penggunaan sosial media. Pembelajaran interaktif dan kolaboratif yang melibatkan media digital dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman mahasiswa. Selain itu, penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mempromosikan kreativitas, inovasi, dan kepemimpinan di era digital.
Peran dosen juga sangat penting dalam mengoptimalkan potensi sumber daya insani di era digital. Dosen harus memberikan arahan, pembimbingan, dan penguatan dalam penggunaan teknologi digital serta layanan sosial media yang tepat dalam pendidikan perkuliahan. Penerapan prinsip kejujuran dan integritas akademik juga menjadi tanggung jawab dosen dalam rangka memastikan potensi sumber daya insani digunakan secara etis.
Penutup
Dalam era digital yang terus berkembang, mengoptimalkan potensi sumber daya insani menjadi kunci utama dalam menghadapi perubahan teknologi. Dengan pendekatan holistik yang melibatkan institusi pendidikan dan dosen, mahasiswa dapat memanfaatkan sosial media secara bijak untuk meningkatkan pembelajaran dan kolaborasi. Penting untuk terus mengembangkan keterampilan digital, literasi informasi, dan etika penggunaan sosial media untuk menjaga integritas dan kreativitas dalam pendidikan perkuliahan. Dengan demikian, potensi sumber daya insani dapat dioptimalkan dengan baik di era digital.
Referensi:
Khedmatgozar, H. R., Reyhan, M., & MovahedMohammadi, H. (2019). The Relationship between Digital Transformation and Business Ethics and the Role of Organizational Leaning. Journal of Research in Business, Economics, and Management, 9(6), 2528-2534.
Nenadl, J. (2017). Managing Human Resources in the Digital Age: Challenges and Perspectives. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 65(4), 1395--1406.
Pindra, G., & Eposi, B. F. (2019). How Digitalization Has Transformed Human Resource Management: A Literature Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(9), 706--715.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H