Mohon tunggu...
Ainatul Ulfah Qarimah
Ainatul Ulfah Qarimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya membaca, konten favorit kartun

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih

psikologi pendidikan

16 Oktober 2024   05:37 Diperbarui: 15 Oktober 2024   22:47 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Psikologi   pendidikan   merupakan   ilmu pengetahuan psikologi  yang  memberi  sumbangsih terhadap  dunia Pendidikan, dalam  kegiatan  Pendidikan,pembelajaran, pengembangan  kurikulum,  proses belajar mengajar, sistem evaluasi, serta  layanan konseling, merupakan beberapa kegiatan  utama  dalam  pendidikan  terhadap  peserta    didik, pendidik,  orang  tua, masyarakat  dan  pemerintah, agar tujuan  pendidikan  dapat  tercapai  secara sempurna   dan   tepat   guna. Psikologi   pendidikan   merupakan   cabang   ilmu psikologi  yang  berupaya  menyelidiki  karakteristik  perilaku dan  perkembangan individu dalam bidang pendidikan. psikologi pendidikan menurut Wal pergi dan Haertel 1992 seperti dikutip oleh Lee Krause (2010) merupakan disiplin ilmu sendiri yang menghubungkan antara pendidikan   dan   psikologi.   Hal ini  tidak  hanya  berkaitan   dengan   penelitian-penelitian  ilmiah  dalam  berbagai  aspek  dimensi belajar  mengajar  tetapi  juga bagaimana  prinsip-prinsip psikologi  ini  diaplikasikan  dalam  konteks  pendidikan dengan   tujuan   untuk   meningkatkan   kualitas   belajar   mengajar. Psikologi   pendidikan   menjadi   sesuatu   yang   mesti   dipelajari   bagi   calon pendidik,  dan berkaitan  dengan kondisi  pendidikan  sebelumnya.  Selama ini pendidikan  tidak memperhatikan    kondisi  peserta  didik, tidak memperhatikan minat  dan  bakat  peserta   didik. Dengan  adanya  psikologi  pendidikan  diharapkan  akan  lahir pendidikan  yang humanistis   yang   memahami   peserta   didik  sesuai   dengan   keberadaannya.   Psikologi    pendidikan  merupakan  alat    bantu    yang    penting    bagi    para penyelenggara   pendidikan   dalam   mencapai   tujuan   pendidikan   yang   telah ditetapkan.  Prinsip-prinsip  yang  terkandung  dalam psikologi  pendidikan  dapat dijadikan  landasan  berpikir  dan bertindak  dalam    mengelola  proses  belajar-mengajar.

Pentingnya Psikologi Belajar belajar psikologi pendidikan berarti belajar tentang aspek psikologis peserta didik, sehingga calon  guru  memiliki  bekal  dasar  dalam  melaksanakan teknik pembelajaran yang efektif diterapkan dalam keadaan karakteristik peserta didik tertentu.  Teknik  pembelajaran  juga menyangkut  strategi  dalam  pembelajaran yang disampaikan apakah dapat dimengerti oleh peserta didik dengan baik atau tidak. Pada  proses  mendidik  seorang  guru memiliki tantangan  dalam  menilai perbedaan  karakteristik setiap peserta  didiknya,  sehingga  diharapkan  memiliki penilaian yang  baik  dalam  membedakan  karakteristik peserta didiknya. Guru dengan  pemahaman  psikologi pendidikan  yang  memadai akan  dapat menciptakan   iklimsosio-emosio Al  yang kondusif   di   dalam   kelas,   sehingga peserta  didik dapat belajar  dengan  nyaman  dan menyenangkan.  Pemahaman calon  guru  tentang  psikologi pendidikan  memungkinkan untuk  terwujudnya interaksi dengan peserta  didik secara lebih  bijak, penuh  empati  dan menjadi sosok yang menyenangkan di hadapan peserta didiknya.  Mempelajari psikologi pendidikan  bagi calon guru yang   tak   kalah   penting   yaitu   konseling   atau bimbingan.  Pada  psikologi   pendidikan  banyak  sekali   dibahas  tentang permasalahan   yang   berkaitan    dengan   perkembangan    manusia.    Sehingga seorang calon guru bukan hanya bisa mengajarkan materi pelajaran dalam kelas, tetapi  juga  bisa  memberikan  pengarahan  atau  bimbingan   kepada peserta  didik yang  membutuhkan  terkait  masalah   akademik.  Selain  bisa  memberikan  solusi terhadap peserta didik yang memiliki masalah akademik, seorang calon guru juga dapat   menjalin   keterikatan   sosial   dengan peserta   didik,   selanjutnya   bisa menciptakan suasana positif dalam kegiatan pembelajaran.Psikologi pendidikan menekankan pada proses belajar mengajar dan faktor-faktor   yang   memengaruhinya, baik   internal   maupun   eksternal.   Psikologi pendidikan digunakan  untuk  memahami peserta didik sebagai  pelajar dan  guru sebagai  pengajar. Manfaat mempelajari psikologi Pendidikan sebagai landasan dalam menentukan Konsep, teori, metode dan strategi dalam memecahkan permasalahan peserta didik    yang kemudian disistemasika nya sedemikian  rupa hingga menjadi “repertoire of Resources”, yakni rangkaian sumber yang berisi  pendekatan yang dapat dipilih dan digunakan untuk praktik-praktik kependidikan  khususnya dalam mengajar  psikologi dalam pendidikan memiliki manfaat bagi guru antara lain:

 1.Memahami  Perbedaan peserta  didik.Setiap  individu dilahirkan  berbeda  dengan  keunikannya  masing-masing, sehingga sebagai seorang guru harus memahami perbedaan peserta didiknya mulai dari tugas  perkembangannya hingga potensi yang dimiliki;  

2.Menciptakan  Iklim  Belajar  yang  Kondusif  di  dalam  Kelas    Seorang  pendidik harus mengetahui prinsip-prinsip yang tepat dalam proses belajar  mengajar, pendekatan  yang  berbeda  menyesuaikan  karakteristik peserta  didik dalam  mengajar untuk menghasilkan proses belajar mengajar yang lebih baik. Disinilah  peran psikologi pendidikan yang mampu mengajarkan bagaimana seorang pendidik  mampu memahami  kondisi  psikologis  dan  menciptakan  suasana pembelajaran  kondusif, agar pembelajaran di dalam kelas bisa berjalan secara sehingga proses  efektif; 

3.Memilih   Strategi   dan   Metode   Pembelajaran   Jika   seorang   guru   sudah mempelajari  tugas  perkembangan manusia. Psikologi belajar  berfungsi  memberikan pemahaman  mengenai  sifat dan  keterkaitan  berbagai  aspek dalam  belajar  dan pembelajaran.  Dalam  hal  ini  psikologi belajar  mengkaji  konsep  mengenai  aspek perilaku manusia yang terlibat dalam belajar dan pembelajaran, serta lingkungan yang   terkait.

Manfaat Psikologi atau   kegunaan   mempelajari psikologi belajar  untuk  memecahkan  masalah-masalah  yang  terdapat dalam dunia pendidikan dengan cara menggunakan metode-metode yang telah disusun secara rapi  dan  sistematis. Psikologi belajar dapat dijadikan landasan berpikir dan bertindak bagi guru, konselor,  dan  juga  tenaga  profesional  kependidikan  lainnya  dalam  mengelola proses pembelajaran.

 Secara  Umum  manfaat  psikologi  belajar  sebagai berikut: 

1.Meletakkan tujuan belajar;

 2.Mengatur kondisi-kondisi belajar yang efektif,

3.Mencegah   terjadi   dan   berkembangnya   gangguan-gangguan   mental   dan emosi,

4.Mempertahankan adanya kesehatan jiwa yang baik, 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun