Surabaya - AIESEC in Surabaya kembali menggelar program pengembangan UMKM Indonesia sebagai opportunity takers melalui SMEX 3.0 pada tanggal 2-28 Januari 2023. Small Medium Enterprises Experience (SMEX) 3.0 atau yang kerap dikenal dengan SMEX bergerak untuk membina dan mengarahkan 5 UMKM Indonesia dalam mengimplementasi SDG No. 8, yaitu Decent Work and Economic Growth.Â
Melalui serangkaian kegiatan berupa webinar, mentoring, dan simulasi, SMEX 3.0 berhasil menggaet 33 mahasiswa/i sebagai project participants untuk memberikan solusi nyata terhadap isu yang berkembang dalam lingkup kewirausahaan. Dalam program ini, opportunity takers dan project participants berkolaborasi untuk meningkatkan strategi pemasaran, finansial, dan pengelolaan sumber daya manusia.
Program SMEX 3.0 diawali dengan sesi perkenalan proyek dengan seluruh partisipan. Pada sesi ini, project participants dibekali wawasan mengenai SDGs secara umum sebelum terjun langsung untuk berdiskusi dengan para UMKM. Selanjutnya, sesi Business Edu membantu project participants untuk mengenali berbagai masalah aktual yang dialami oleh para opportunity takers. Kemudian, kedua belah pihak akan meninjau permasalahan dan mengembangkan solusi pada sesi Explore the Business. Setelah itu, hasil diskusi akan dikonsultasikan kepada para mentor yang ahli pada bidangnya melalui sesi Project Actions. Setiap tim akan melaporkan perkembangan proyek setiap minggu melalui Weekly Report.
Tidak hanya pengerjaan proyek, SMEX 3.0 juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memperluas koneksi melalui Global Networking Space dan Nusantara Networking Space. Lebih dari 130 peserta dari 5 local projects, yang dilaksanakan oleh 5 komunitas lokal AIESEC di Indonesia, berkumpul untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pengembangan UMKM. Setelah itu, project participants bergerak untuk mengerjakan tantangan untuk mendukung UMKM Indonesia di media sosial pada sesi Youth Movement.
Rangkaian kegiatan SMEX 3.0 ditutup dengan laporan perkembangan seluruh tim pada akhir bulan Januari pada sesi One Last Call. Project participant akan melaksanakan tantangan terakhir dan memberikan ulasan mengenai pembelajaran yang didapat dengan mengikuti local project ini. Tidak lupa, token penghargaan juga diberikan kepada tim dan project participant terbaik sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras mereka selama satu bulan di SMEX 3.0.
Dengan menyelenggarakan SMEX 3.0, AIESEC in Surabaya berupaya untuk meningkatkan kesadaran generasi muda mengenai SDGs no. 8, khususnya pentingnya pengembangan UMKM Indonesia melalui kampanye yang dilakukan di media sosial. (Putri Pralina)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H