Mohon tunggu...
AIDA SYAHFITRI
AIDA SYAHFITRI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan yang penuh semangat untuk mengeksplorasi dunia ilmu perpustakaan dan informasi. Meskipun saya menyadari bahwa saya mungkin tidak memiliki banyak pengalaman atau keterampilan spesifik di bidang ini, saya berkomitmen untuk terus belajar dan membangun fondasi yang kuat. Hobi saya yang utama adalah membaca. Saya menemukan kegembiraan dan kepuasan dalam menjelajahi halaman-halaman buku yang membawa saya ke dunia-dunia baru. Membaca bukan hanya merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi saya, tetapi juga cara untuk memperdalam pemahaman saya tentang berbagai topik, termasuk ilmu perpustakaan dan psikologi. Saya selalu tertarik pada aspek psikologis dalam interaksi manusia dan bagaimana peran perpustakaan dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari orang-orang. Keterlibatan saya dalam studi ilmu perpustakaan tidak hanya berkaitan dengan tugas-tugas akademis, tetapi juga sebagai upaya untuk memahami bagaimana perpustakaan dapat menjadi tempat yang ramah dan mendukung bagi pengunjungnya. Meskipun saya mengakui bahwa saya belum memiliki banyak pengalaman praktis, tekad saya untuk terus belajar dan memberikan kontribusi yang positif dalam dunia perpustakaan tidak pernah surut. Saya percaya bahwa hobi membaca dan minat saya pada psikologi dapat membantu saya membentuk pandangan dan pemahaman yang lebih baik terhadap dunia ilmu perpustakaan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Antisipasi Pemilu 2024

18 Desember 2023   16:51 Diperbarui: 18 Desember 2023   18:33 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 semakin mendekat, membawa harapan dan tantangan yang signifikan bagi demokrasi Indonesia. Saat kita bersiap untuk menyambut momentum ini, Penting untuk mengidentifikasi peran penting masyarakat, partai politik, dan lembaga-lembaga terkait dalam memastikan proses pemilihan berlangsung adil, jujur, dan demokratis.

Antusiasme warga Kota Medan dalam menyambut Pemilu 2024 adalah cahaya yang menyala terang di tengah kekhawatiran akan berbagai tantangan. Partisipasi yang aktif dari berbagai kalangan masyarakat, terutama kaum muda yang memberikan optimisme akan berkembangnya kesadaran akan kepentingan peran aktif dalam membentuk nasib negara. 

Namun sejalan dengan semangat ini, penting untuk memastikan bahwa informasi yang diterima oleh pemilih adalah akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Pendidikan pemilih kampanye informasi perlu ditingkatkan untuk memastikan pemilih dapat membuat keputusan yang informasional dan bijaksana.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kita harus mengakui bahwa keamanan siber menjadi ancaman serius terhadap integritas Pemilu. Upaya campur tangan asing dan penyebaran informasi palsu dapat merusak proses demokrasi. Oleh karena itu, langkah-langkah preventif dan kontrol ketat perlu diterapkan untuk melindungi integritas pemilihan. Penting untuk menciptakan kesadaran akan potensi disinformasi di kalangan masyarakat dan mendukung langkah-langkah penanggulangan dari pihak berwenang.

Peran mayarakat sipil dan lembaga-lembaga pengawasan pemilu memiliki dampak besar dalam menjamin transparansi dan keadilan. Keterlibatan aktif dari kelompok-kelompok independen, LSM, dan media massa menjadi penjamin kebenaran dan integritas selama proses pemilihan. Pemerintah, bersama dengan penyelenggara pemilihan, perlu memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan agar pengawasan pemilu dapat berjalan dengan efektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun