ABSTRAK
Meningkatkan Keterampilan LISTENING siswa melalui Lagu-lagu Bahasa Inggris
( Siswa Siswi Kelas 11 Jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga pada  SMKN2 Kab  Tangerang)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana lagu-lagu Bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa dan memberikan penjelasan tentang penggunaan lagu-lagu Bahasa Inggris dalam pembelajaran mendengarkan Bahasa Inggris di dalam kelas.
Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2023 dan berlangsung di Siswa Siswi Kelas 11 Jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga pada  SMKN 2 Kab  Tangerang, Jumlah populasi adalah delapan kelas dan peneliti mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini melibatkan empat siklus kegiatan. Setiap siklus penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Langkah-langkah ini dilakukan secara berkelanjutan untuk mendapatkan deskripsi yang baik tentang penggunaan teknik pengajaran.Â
Teknik ini dapat diterapkan dalam pembelajaran mendengarkan berikutnya di dalam kelas. Pada siklus pertama dan kedua, peneliti menggunakan diktat teks sebagai media pengajaran mendengarkan kepada siswa di dalam kelas, sedangkan pada siklus ketiga dan keempat, peneliti menggunakan lagu-lagu Bahasa Inggris sebagai media pengajaran mendengarkan.
Data dari setiap siklus berasal dari tes mendengarkan. Tes mendengarkan pada siklus I dan II menggunakan diktat teks, sedangkan pada siklus III dan IV menggunakan lagu-lagu Bahasa Inggris sebagai media. Data dari setiap siklus kemudian dihitung untuk menemukan rata-rata skor.
Dari hasil tes mendengarkan dari setiap siklus, dapat dilihat bahwa skor tes mendengarkan menggunakan media lagu-lagu Bahasa Inggris lebih baik daripada skor tes mendengarkan menggunakan diktat teks. Pada siklus I, rata-rata skor adalah 65,13 dan meningkat menjadi 66,79 pada siklus II, sedangkan pada siklus III, rata-rata skor tes mendengarkan menggunakan media lagu-lagu Bahasa Inggris adalah 73,72 dan sedikit meningkat pada siklus IV menjadi 77,95. Hal ini menyimpulkan bahwa penggunaan media lagu-lagu Bahasa Inggris dalam pengajaran mendengarkan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa karena sebagian besar siswa menyukai mendengarkan musik dan mereka dapat merasakan atmosfer yang berbeda di dalam kelas.
PENDAHULUAN
Â