Mohon tunggu...
Ahwal Laili SP.
Ahwal Laili SP. Mohon Tunggu... Freelancer - Its me

Tulislah apa yang yang ingin kamu tulis !

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pertanian : Bedeng... Apa Itu Bedeng?

18 Maret 2014   17:45 Diperbarui: 4 April 2017   17:26 2340
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bedeng adalah tanah biasa berupa tanah rata yang biasa kita pijakin itu digemburin alias dilanduk kalo orang Madura bilang.. dan gemburan tadi itu dikembungin kayak tanahnya waktu pas ngubur itu alias kayak tanah kuburan dikembungin ke atas, yah sepintas 11-12 sama kayak tanah kuburan begitu deh. Dan itu disebut sebagai bedeng, di bedeng. bedeng itu bahasa madura, istilah bahasa madura di dunia pertanian. contoh gambar di bedeng itu kayak begini..difoto ini..

13951142541960344006
13951142541960344006

Hey ini gue, gue ahwal mahasiswa pertanian (mahasiswi maksudnya :D) … tapi kalo lo liat, gue justru kaya mahasiswi komunikasi :D ihhirr iya ngga sih ? *jawab ngga—bacok :P *emang sih sempet terjun di dunia broadcast *masa lalu wal… masa lalu jangan diputer balik* serius gue mahasiswi pertanian. Hari ini gue baru tau apa itu BEDENG – diBEDENG. Hha bedeng itu salah satu istilah bahasa Madura. Dan gue baru tau apa itu bedeng. Hhaha kebangetan yahh gue itu, padahal lahirnya gue itu di Situbondo-Jawa Timur. Dan bahasa yang dipake di Situbondo itu adalah 80% bahasa Madura dan 20% nya bahasa jawa. Yah maklumlah para pendatang yang menetap makanya 20%bahasa jawa. Kembali ke topic tadi bedeng itu apa? Bukannya gue ngga tau banget sih, Cuma gue ngga tau bentuk bedeng dan cara ngebedeng itu kaya gimana. Istilah bedeng itu gue udah tau dari dulu dari jaman gue kecil, yah maklumlah waktu gue kecil itu gue sukanya maen itu disawah sama temen-temen gue. Tapi masalahnya sampe gede begini ini, gue baru tau bedeng itu apa sampe cara bikinnya. Yah harus tau lah kan gue mahasiswi pertanian :D

Ngomongin soal fakultas pertanian, ada cerita lucu yang bikin gue ngakak sendiri, apa itu? Gue kadang berfikir kok bisa masuk faperta ?? hha oke kita flashback ke tahun lalu… tepatnya awal 2013. Yah waktu gue terjun di dunia broadcast, gue itu uda buta banget dengan yang namanya kalender, gue itu ngga tau tanggal apalagi hari. Tiap hari dikejar dan dijejalin deadline.Finally pas gue dapet libur, gue pergi ke rumah nenek gue di sebuah desa di kabupaten Bondowoso. Pas disana itulah gue ngerasain yang namanya nikmatnya hidup, kanan kiri depan belakang semuanya serba ijo dan mata gue berkaca-kaca sambil bilang “AWESOME” from nature back to nature. Dan dari situlah gue inisiatif buat kuliah ambil fakultas pertanian. Hhahaha absurd banget dan itu bikin gue tengsin pas awal-awal masuk kuliah. Kenapa? Karna pas awal-awal masuk kuliah dan saat pembelajaran mata kuliah berlangsung, pasti deh dosen pengampu mata kuliah yang masuk ke kelas gue itu di minggu pertama mata kuliah nanyain alesan memilih masuk faperta”. Hhaaa yah ngga mungkin banget lah gue bilang kalo gue masuk faperta Cuma gara-gara gue pas dapet libur ke Bondowoso dan ngeliat pemandangan yang indah banget. That’s absurd bro! untungnya gue bisa ngeles dengan hal laen. Hhahaa parahnya juga, banyak diluaran pas ketemu gue dijalan ato dimanapun, mesti deh ada nanyainnya begini ke gur “kuliah dimana dek? Nah loh kok milih fakultas pertanian ? kok ngga nerusin ke dunia broadcast?” dan yang bikin tanduk gue mencuat adalah pertanyaan yang nyinginyi kaya gini “emang ngejar apa kok masuk faperta? Mau jadi apa masuk faperta?”. So what lah, hidup hidup gue… yaudah urusan gue.

Oke lanjut yah ke bedeng itu tadi… hha tadi intermezzo ajah kok .. oke ngomongin soal bedeng ngebedeng, ternyata maksud dari di bedeng itu adalah tanah biasa berupa tanah rata yang biasa kita pijakin itu digemburin alias dilanduk kalo orang Madura bilang.. dan gemburan tadi itu dikembungin kayak tanahnya waktu pas ngubur itu alias kayak tanah kuburan dikembungin ke atas, yah sepintas 11-12 sama kayak tanah kuburan begitu deh. Dan itu disebut sebagai bedeng, di bedeng.

**to be continued


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun