Koleksi Pribadi
Minggu pagi tanggal 17 Januari 2009 ketika membaca Kompas, saya masih belum sadar ada iklan Kompasiana. Padahal saya membolak-balik koran itu untuk membaca artikel khas Kompas Minggu, berulang-ulang. Saya baru disadarkan ketika membaca postingan admin. Melihat iklan tersebut, terbersit pertanyaan: apa pesan dan maksud dari iklan tersebut?
Ada kajian tersendiri untuk mengetahui jawaban ini. Di antaranya copywriting. Maksudnya selain sebagai komponen pembuat iklan, copywriting juga berfungsi membedah iklan yang sudah diinformasikan. Ada sebuah buku bagus untuk memandu seseorang dalam membaca iklan. Yakni, Copywriting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Buku ini ditulis oleh Agustrijanto.
Anda tertarik membuat iklan? Ya, untuk mempromosikan produk atau jasa yang anda hasilkan terus-menerus. Ternyata untuk memproduksi iklan, diperlukan seperangkat pertanyaan yang disebut creative brief. Menurut penulis, creative brief mendeskripsikan lembaran-lembaran kertas yang berisi berbagai rambu kreatif (hlm.61).
Akan tetapi, sebelum membuat iklan ada baiknya kita mengapresiasi dua iklan Kompasiana dengan alat creative brief juga. Jadi, kalau kita mampu mengisi creative brief, secara tidak langsung kita akan terasah untuk membuat iklan. Berikut isi dari creative brief:
Objective : _________________________________________________
(tujuan yang ingin dicapai dari perencanaan iklan ataupun desain)
Product Brief Summary (analisa produk)
Product Identity (identitas produk)
Fisik : _________________________________________________
(karakter produk dari sisi fisik)