Ahmad Zulha Fikri
Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNJ
PENDAHULUAN
Manusia sebagai makhluk sosial memiliki sifat dinamis. Dinamis artinya setiap manusia terus menerus berubah, bergerak dan berkembang secara aktif. Menurut William F. Ogbun Perubahan sosial terjadi tidak hanya pada hal yang bersifat material tetapi juga pada hal yang bersifat immaterial. (Syamsidar, 2015: 99 - 100)
Perubahan sosial material mengacu kepada perubahan secara fisik yang berwujud seperti perubahan teknologi. Kita bisa ambil contoh bagaimana cara berkomunikasi, secara historis proses manusia melakukan komunikasi dilakukan dengan berbagai macam perantara yaitu diawali dengan menggunakkan alat yang ada pada tubuh manusia sendiri seperti suara kemudian menemukan tulisan hingga sekarang menemukan alat canggih untuk berkomunikasi melalui gawai, internet, televisi maupun aplikasi seperti WhatsApp, Telegram dan Youtube. (Syamsidar, 2015: 99 -- 100)
Dalam konteks pendidikan, perubahaan sosial material mengacu kepada perkembangan media ataupun alat pembelajaran, seperti yang dahulunya belajar menggunakaan papan tulis, menulis menggunakan pensil  dan pembelajaran harus dilakukan dengan tatap muka langsung sekarang ditemukan alat alat berupa proyektor, pulpen, microsoft word untuk mengetik dan pembelajaran bisa dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka langsung.
Sedangkan perubahan sosial immaterial adalah perubahan tak berwujud seperti perubahan sifat manusia, kebijakan pemerintah, dan pemikiran rasional manusia atau bisa juga dilihat dari bagaimana perbedaan pola pikir manusia sekarang dengan manusia dahulu. Yang perlu dipahami disini adalah perubahan material selalu diikuti dengan perubahan immaterial.
Seperti contoh perubahan gawai akan selalu diikuti dengan perilaku manusia dalam menggunakannya. Seseorang bisa bersifat individualis ketika sudah terlena dengan asiknya bermain gawai, atau sebaliknya seseorang bisa menjadi sukses karena memanfaatkan gawainya untuk kepentingan yang positif.
Kalau dilihat dalam konteks pendidikan, perubahan immaterial berkaitan dengan perubahan yang terjadi pada alat dan media belajar yang mempengaruhi bagaimana perubahan pola pikir dan tingkah laku manusia dalam proses pembelajaran, baik itu yang berdampak positif seperti kemudahan untuk mengakses sumber belajar karena adanya teknologi informasi yang berdampak kemajuan dalam proses pendidikan, maupun sifat malas belajar karena terlena dengan asiknya bermain gawai yang berdampak pada kemunduran.
Perubahan sosial disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu; Â pertama, kebutuhan akan demokratisasi hal ini mengingat bahwa masyarakat dunia menjadi masyarakat tanpa sekat yang harus saling berpengaruh dan saling membutuhkan. Kedua kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah membawa pengaruh yang besar terhadap perubahan suatu masyarakat. Kemajuan ini dilandasi dengan adanya kebutuhan dan keinginan manusia yang tak terbatas akan hal apapun. Ketiga, globalisasi yang sangat berpengaruh bagi perubahan yang menjadikan hubungan dan interaksi manusia terhadap lingkungannya terasa lebih dekat. (Idris, 2011: 219- 231).
Ketiga faktor ini diatas juga mendorong terjadinya perubahan dalam sektor pendidikan, demokratisasi membuat pendidikan berjalan dengan kritis. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat bervariasinya alat dan media pembelajaran serta kemudahan  untuk mengakses bahan ajar dan globalisasi memungkinkan terjadinya pertukaran pelajar, kebebasan mengenyam pendidikan di luar negeri.