Pembahasan ataupun diskusi terbuka mengenai perencanaan keuangan di kalangan pemuda menjadi hal yang sering kita temui akhir akhir ini. sering kita menemukan banyak sekali pembahasan mengenai perencanaan keuangan yang tersebar di berbagai forum baik itu secara online melalui media sosial twitter, facebook, instagram maupun youtube.
Media sosial tersebut dimanfaatkan oleh beberapa individu yang mengerti mengenai perencanaan keuangan dengan membagikan tips and trik, cara menabung ataupun masalah masalah keuangan lainnya yang dialami oleh pemuda. atau juga marak terjadi  melalui forum offline seperti pelatihan dan seminar secara langsung.  Salah satu perencanaan keuangan yang paling sering dibahas adalah investasi.
Herlianto (dalam Ismail, 2021;128 - 129) menjelaskan investasi merupakan alokasi dana dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. atau dengan kala lain investasi juga digambarkan sebagai komitmen untuk mengorbankan konsumsi sekarang dengan tujuan untuk memperoleh atau memperbesar konsumsi di masa mendatang.Â
Salah satu investasi yang sering dibahas adalah investasi digital. Ismail (2021; 129) mengatakan investasi digital merupakan salah satu contoh dari Fintech atau teknologi keuangan yang merupakan inovasi dibidang keuangan yang mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan pelayanan di bidang keuangan.
Investasi di Kalangan Pemuda
Maraknya diskusi terkait perencanaan keuangan di kalangan pemuda menjadi indikasi bahwa niat berinvestasi pemuda mulai berkembang. mereka mulai mencari tahu melalui berbagai sumber terkait dengan apa saja investasi yang cocok dengan pemuda dan bagaimana melakukan investasi dengan cara yang baik demi mempersiapkan keuangan di masa yang akan datang.Â
Hal ini  terlihat dari bagaimana pertumbuhan investor muda dari tahun ke tahun. Menurut Ismail (2021: 127) dalam data Bursa Efek Indonesia menunjukkan bahwa pertumbuhan investor muda menunjukkan peningkatan yang pesat setiap tahunnya. Pada tahun 2016 jumlah investor muda dari generasi milenial mencapai 79000 investor.
Seiring berjalannya waktu, jumlah tersebut terus bertambah setiap tahunnya hingga pada tahun 2019 jumlah investor muda mencapai 222.000 investor. Sedangkan data terbaru mengutip dari market.bisnis.com investor dari kalangan anak muda terus bertumbuh pesat dan mendominasi jumlah investor, serta  data dari Bursa Efek Indonesia (BEI) per 29 Januari 2021 mencatat, investor usia muda atau di bawah 40 tahun mencapai 1,3 atau 75% dari total investor saham domestik.Â
Kenaikan jumlah investor muda hal demikian berhubungan dengan adanya teknologi di era digital seperti sekarang ini. kita  tahu bahwa pemuda saat ini tidak asing lagi dengan teknologi berbasis digital.Â
Adanya teknologi berbasis digital ini memberikan kemudahan bagi pemuda untuk melakukan investasi. platform investasi digital seperti reksadana, Bibit.id Bareksa, E-Mas Tanamduit  sangat mudah diakses, bahkan beberapa platform investasi digital sudah dilengkapi dengan tata caranya.
Kenyaatan diatas memberikan penjelasan kepada kita bahwa kalangan pemuda kini tidak lagi dipandang sebuah individu yang boros, suka menghambur hamburkan uang, memiliki sifat konsumtif yang tinggi dan tidak peduli terhadap masalah keuangan. tetapi kini pemuda di pandang sebagai individu memikirkan perencanaan keuanganÂ