Mohon tunggu...
Ahmad Wazier
Ahmad Wazier Mohon Tunggu... Dosen -

Manusia awam yang \r\npenuh dengan keterbatasan dan kebodohan. \r\n\r\nSaat ini berstatus sebagai Dosen dan Mahasiswa Program Doktor (S3) di University of Tasmania-Australia.\r\n\r\nMantan pengurus DPD IMM DIY ini menyelesaikan Pendidikan Pasca Sarjana di Universitas Gadjah Mada.\r\nPengalaman organisasi: Sekretaris Pusat Pengembangan Bahasa (dua periode), Wakil sekretaris MTDK PWM DIY dan Sekjen KAMADA, Ketua Umum KORKOM IMM, Waka 1 IMM PSH,. Jabatan terakhir sebagai Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (2 Periode).\r\n\r\nAktivis alumnus Pondok Pesantren Ar-Ruhamaa’ ini mempunyai minat bidang kebijakan politik Amerika Serikat, ideologi dan agama.\r\n\r\nAktif di beberapa perkumpulan dan juga latihan menjadi pembicara dalam diskusi, training, seminar atau konferensi. bisa di hub di: Twitter: @WazierW wazier1279@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tontonan Jadi Tuntunan, Tuntunan Jadi Tontonan

5 Juni 2012   06:09 Diperbarui: 25 Juni 2015   04:23 1753
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Tontonan Jadi Tuntunan, Tuntunan Jadi Tontonan

Oleh

Wajiran, S.S., M.A.

(Kepala Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

Penulis tidak tahu persis asal peribahasa dalam judul tulisan ini, namun yang jelas, kata-kata ini tidak asing lagi di telinga kita. Meskipun peribahasa tersebut berasal dari bahasa Jawa, tetapi sudah sangat sering diucapkan oleh masyarakat dimana-mana. Selain itu, setiap saat kita juga melihat fenomena masyarakat, yang menjadikan tontonan jadi tuntunan sedangkan tuntunan jadi tontonan.

Peribahasa ini nampak sederhana namun sangat mengena. Begitu banyak orang berbondong-bondong dengan antusiasnya menghadiri suatu acara yang penuh hura-hura, dan penuh kesenangan sesaat. Sedangkan acara yang mengandung pelajaran sepi penggemar. Tempat-tempat hiburan, setiap detik dipenuhi begitu banyak orang, sedangkan acara yang mengandung pendidikan hanya digemari segelintir orang. Itupun hanya di waktu-waktu tertentu yang intensitasnya sangat sedikit. Bulan Ramadhan seumpamanya, sering hanya menjadi tontonan rohaniah. Pengajian, tausyah, dan kultum ataupun kegiatan keagamaan lainnya, dianggap hanya hiburan semata. Karena setelah mengikuti acara keagamaan, bukannya mengaplikasikan tetapi sekedar penyejuk batin sesaat.

Berbeda halnya dengan orang yang datang ke suatu acara hiburan, mereka dengan penuh antusias memakai berbagai atribut yang sangat mencolok, sebagai tanda ketaatan terhadap tontonan. Mereka pun tidak segan-segan menggunakan atribut sang artis di rumah, di tempat perbelanjaan ataupun di tempat umum lainnya. Para penggemar itu dengan sangat percaya diri menggunakan pakaian ala artis (seolah di atas panggung) dimanapun mereka berada.

Inilah sebuah kontradiksi di dalam masyarakat kita. Saat menonton hiburan kebanyakan dari kita menirukan dan mengaplikasikan “ilmu” yang dilihatnya, sedangkan saat pengajian ataupun perkuliahan, pesan dan informasinya hanya lewat begitu saja.

Kita menyadari bahwa tontonan sebagai manu utama kita setiap hari. Di acara-acara televisi lebih dari 90 % adalah hiburan. Mulai pementasan musik, infotainment, film dan lain sebagainya. Acara-acara ini setiap hari menghegemoni kita secara terus-menerus. Itulah sebabnya kenapa tontonan lebih meresap ke dalam benak dan pikiran kita. Begitu massifnya serangan ideology dalam tontonan ini masuk kedalam otak kita, menyebabkan kita terlena dan tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak.

Inilah sebuah realitas kehidupan masyarakat kita. Penjajahan model barat dengan konsep hegemoni budaya sudah nyata merasuk di dalam diri kita. Hegemoni melalui produk budaya ini akan mengalihkan atau bahkan menghilangkan ideologi asli bangsa kita. Wajarlah jika karakteristik bangsa tentang; kesopanan, kesantunan, keramahan dan gotongroyong sudah terkikis di dalam masyarakat kita. Pancasila, sebagai landasan hukum, sudah tidak berdaya lagi mengikat generasi kita. Ideologi pancasila kini tinggal kenangan, karena sudah tidak ada lagi yang perduli terhadap nilai-nilai luhur, hasil jerih payah pendahulu kita.

Pengaruh penjajahan ideologis ini lebih berbahaya dari penjajan model lainya, fisik dan ekonomi. Jika penjajahan fisik (kolonialisme) kita sudah lolos, karena kita bisa merasakan betapa perihnya menjadi negara yang terjajah. Namun sekarang kita mengalami penjajahan gaya baru yang bernama penjajahan ekonomi dan ideologi. Kita sudah bisa melihat bagaimana kolonialisme ekonomi sudah begitu nyata dalam kehidupan kita. Produk-produk yang ada di negeri ini didominasi oleh negara lain. Belum lagi hasil bumi kita yang setiap detik dikuras oleh negara asing.

Berbeda halnya dengan penjajahan fisik dan penjajahan ekonomi, dalam penjajahan ideologi kita tidak merasakan kepedihan. Tetapi justru sebaliknya, penjajahan ini memanjakan kita dengan paham dan nilai-nilai baru yang dianggap lebih modern (Huntington: 2004). Kita lihat saja bagaimana generasi kita lebih berbangga dengan model pakaian ala barat, produk-produk teknologi, makanan dan juga hiburan. Dalam kontek ini, masyarakat kita sangat menikmati penjajahan itu karena kebanggaan terhadap budaya asing. Penjajahan ideologis melahirkan sebuah kondisi hilanngnya harga diri. Padahal, kebanggaan terhadap budaya asing, hanya akan memakmurkan negara asing itu.

Realitas seperti inilah yang dikhawatirkan para founding father negeri ini. Saat gempuran ideologi asing masuk dengan leluasanya, maka akan melahirkan sebuah kebingungan. Kebingungan terhadap identitas diri sendiri yang melahirkan sebuah keambiguan. Loose identity adalah keterjajahan kita secara idelogis yang akhirnya membuat diri kita tidak percaya diri. Kita hanya mengekor budaya asing, kita bahkan tidak kuasa berdiri sendiri. Itulah sebabnya lahir sebuah istilah loose character is loose everything. Kehilangan karakter (kepribadian) berarti kehilangan segalanya. Kemerdekaan, kemandirian, dan kebebasan berdiri sendiri sudah terpasung oleh negara lain.

Tulisan ini bukan bermaksud anti terhadap kemodernan. Tetapi keseimbangan antara pemahaman teknologi haruslah tidak mengikis nilai-nilai luhur di dalam kebudayaan kita sendiri, apalagi agama. Hilangnya nilai-nilai luhur ini hanya akan melahirkan sebuah ketidakjelasan identitas, sebagai sebuah negara. Itu sebabnya sangat disayangkan jika Pancasila, sebagai dasar negara akan dihapuskan dari dunia pendidikan kita. Penghapusan terhadap pengajaran Pancasila adalah sebuah bentuk bunuh diri yang paling nyata.

China, adalah salah satu negara yang sangat konsisten dengan pahamnya, komunis. Untuk menjaga keaslian dan kekhasan masyarakat China, negara itu membentuk sebuah lembaga khusus yang mengajarkan dan mengawal paham komunis di setiap lembaga yang ada di negeri itu. Itulah sebabnya China dengan penduduknya yang 1,3 Milyar mampu menciptakan sebuah negara yang tangguh dengan kedisiplinan dan keteguhan di dalam memperjuangkan harkat dan martabatnya.

Kita hanya berharap pemerintah memikirkan kembali akan dihilangkannya pengajaran Pancasila dari lembaga pendidikan. Karena kita harus menghargai jerih payah perjuangan para pendahulu kita yang telah mengorbankan harta, benda dan bahkan nyawa demi bangsa ini. Identitas adalah harga yang paling tinggi bagi kita. Kehilangan identitas sama halnya kematian kita sendiri. Wa Allah a’lam.

Yogyakarta, 4 Mei 2012

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun