Terkait dengan upaya menghidupkan kembali dan mengimplementasikan prinsip-prinsip Pancasila pada sistem pendidikan karakter generasi milenial di tengah derasnya arus globalisasi dan revolusi industry 4.0. Â
Hal ini penting untuk dibahas mengingat banyaknya problema baru yang muncul dikarenakan derasnya arus informasi dan digitalisasi, seperti menurunnya moral generasi muda, melemahnya solidaritas sosial di kalangan remaja, berkurangnya sikap toleransi antar sesama, serta memudarnya identitas bangsa Indonesia yang selama ini dikenal memiliki jiwa gotong royong dan rela berkorban demi kepentingan orang banyak.Â
Oleh karena itu, pelembagaan nilai-nilai Pancasila baik secara formal maupun non-formal sangat diperlukan agar para generasi penerus bangsa dapat tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang bertanggung jawab, berkarakter kuat, serta berbudi pekerti luhur sejalan dengan falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia.
Beberapa strategi konkret yang bisa diimplementasikan dalam rangka menanamkan pendidikan Pancasila pada generasi remaja di era digital seperti saat ini yakni memasukkan unsur-unsur nilai dan moralitas Pancasila, baik secara tersurat maupun tersirat, ke dalam seluruh kurikulum dan mata pelajaran di institusi pendidikan formal, menerapkan pendekatan serta metodologi pengajaran yang interaktif dan atraktif sesuai dengan karakter generasi era milenial, serta menghadirkan para pendidik seperti guru dan dosen sebagai sosok panutan dalam menjalankan Pancasila.Â
Melalui beragam langkah implementatif tersebut, diharapkan keturunan bangsa Indonesia dapat tumbuh dengan integritas moral dan kepribadian yang utuh, tidak hanya mengejar kecerdasan intelektual semata, juga tetap berpedoman pada nilai-nilai luhur warisan leluhur meskipun peradaban manusia telah memasuki zaman modern yang serba digital dan tanpa batas.Â
Revitalisasi pendidikan karakter Pancasila ini tentu sangat mendasar untuk senantiasa diimplementasikan demi menjaga eksistensi Indonesia sebagai bangsa timur yang memiliki kemajemukan namun masih mengedepankan semangat kekeluargaan, kebersamaan, dan gotong royong.
Nama: Ahmad Wahyu MiftahuniamÂ
NIM: 231240001389Â
Mata Kuliah: Pancasila (21UN101), 2023-4 Kelas UFH01Â
Dosen Pengampu: Dr. WAHIDULLAH, S.H.I., M.H.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI