Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - Guru MTsN 4 Kota Surabaya
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Suka menulis dan berbagi tulisan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Usaha Rumahan yang Maju bersama BRI

21 Desember 2022   13:13 Diperbarui: 21 Desember 2022   13:21 672
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pandemi Covid-19 memberikan dampak ekonomi bagi seluruh dunia, tak terkecuali perekonomian Indonesia.

Semua sektor ekonomi terganggu dengan pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun, namun ada sektor-sektor yang justru berkembang secara mantab dan cepat saat pandemi covid-19, salah satunya adalah sektor Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) . Penulis mengamati usaha jual beli online yang dikelola oleh keponakan justru berkembang pesat saat pandemi dan terus berkembang saat ini setelah pandemi berlalu.

Usaha Rumahan Store KNILL LTD, Justru Berkembang di Masa Pandemi

Pintu masuk toko KNILL yang selalu terbuka melayani pelanggan

Usaha rumahan/ Toko KNILL dirintis oleh keponakan yang seorang lulusan sarjana pendidikan yang tidak terjun menjadi guru justru menekuni usaha jual beli secara online sekitar tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia.

Berkenalan dengan BRI

Pada saat memulai usaha Keponakan saya mulai mengenal dan menjalin kerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Menganti-Kabupaten Gresik, pada awalnya untuk mengajukan kredit usaha, tapi ditolak karena tidak memiliki jaminan berupa surat tanah Petok D, justru diberi tawaran berupa,  pelatihan dan pendampingan framework pengembangan ekosistem pelaku UMKM. Upaya tersebut dioptimalkan dengan digitalisasi melalui platform digital Bisnis to customer (B2C) yang menghubungkan pengusaha UKM dengan para pembeli melalui aplikasi jual-beli komoditas.

Akhirnya usaha yang dirintis oleh Kiki, keponakan penulis mulai berkembang, dan perkembangan yang lebih besar justru pada masa pandemi Covid-19, kurun waktu pertengahan 2020-pertengahan 2022, karena saat itu penjualan secara online sedang booming terutama keperluan masker, vitamin, madu dan hand sanitizer, juga acesoris dan pakaian remaja dan anak yang murah dan meriah laku keras.

Dengan fasilitas pelatihan yang diberikan oleh BRI usaha yang dikelola oleh keponakan berkembang pesat karena dipertemukan dengan para produsen dan konsumen dari berbagai kota di Indonesia, misalnya dari Bandung, Jakarta, Solo, Yogkarta, juga bebarapa konsumen dari seluruh Indonesia, bertemu lewat online, sehingga lebih efektif dan efisien dalam hal penghematan biaya transportasi belanja barang.

Usaha yang awalnya hanya barang yang terkait dengan Covid-19, akhirnya berkembang dan melebar ke berbagai keperluan sehari-hari para remaja dan anak,  meliputi pakaian, kosmetik, tas, sepatu, acessoris, dan keperluan sekolah 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun