Perkembangan teknologi telah dirasakan oleh hampir semua lapisan masyarakat Indonesia meliputi bidang informasi, komunikasi dan sebagainya. Masyarakat desa Tanjung Sekar Kecamatan Lowokwaru Kota Malang pada umumnya telah dan sedang menggunakan teknologi digital sebagai sarana pembelajaran digital, namun hanya terbatas pada aplikasi -- aplikasi yang dominan seperti zoom, google meet dan lain sebagainya yang hanya melakukan pembelajaran secara video call melalui aplikasi tersebut dan belum menggunakan aplikasi yang bisa meanrik minat anak untuk belajar lebih giat.Â
FEB UNISMA sebagai salah satu fakultas yang peduli akan Pendidikan anak dan perkembangan digital memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengikuti pelatihan -- pelatihan digital melalui program kampus merdeka sehingga stelah kegiatan pelatihan tersebut mahasiswa mampu menciptakan inovasi baru dalam dunia Pendidikan salah satu contohnya menciptakan suatu project pembelajaran digital yang menarik bagi siswa dan siswiÂ
oleh karena itu setelah mahasiswa menyelesaikan studi independent yang diikuti Bersama PT. MariBelajar Indonesia Cerdas kami melakukan sosialisasi untuk menyampaikan project akhir yang kami ciptakan untuk memberi semangat dan dorongan pada pemuda -- pemuda Tanjung Sekar agar bisa Belajar dengan lebih menarik lagi dengan aplikasi yang berhasil kami ciptakan dan juga memberikan motivasi bagi anak -- anak dan pemuda tanjong sekar untuk bijak dalam menggunakan peralatan digital sehingga peralatan digital yang di miliki seperti handphone, tablet, laptop dan lainnya berdampak positif bagi perkembangan keilmuan anak dan pemuda Tanjung sekar salah satunya dengan menggunakan peralatan tersebut sebagai media dan sarana pembelajaran.
Tujuan  dari kegiatan sosialisasi pembelajaran digital ini adalah sebagai motivasi kepada anak -- anak dan pemuda untuk tetap semangat belajar meskipun tanpa harus datang ke sekolah dan harus tetap belajar walaupun sekolah sedang libur dengan cara memanfaatkan dunia digital dan memberikan media pembelajaran yang unik dan menarik bagi anak -- anak dann pelajar lainnya sehingga pelajar tidak merasa bosan dengan kegiatan belajarnya walaupun hanya secara daring atau dalam belajar mandiri di rumah Kegiatan ini di lakukan dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat atau pemuda bahwa dunia digital tidak hanya berdampak negative terhadap lingkungan anak tetapi juga bisa bernilai positif asalkan bisa mempergunakan media digital tersebut dengan bijak dan tidak hanya dapat di pergunakan untuk bersosial media ataupun bermain game saja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H