Mohon tunggu...
Ahmad Sirfi Fatoni
Ahmad Sirfi Fatoni Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Saya seorang dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Sastra, Kampus Universitas Negeri Makassar. Hobi saya adalah bermain sepak bola, futsal, catur, sepak takrow, bola voli, membaca, menulis, jalan-jalan, hang out, main playstation, menjelajah dan semacamnya. Minat keilmuan saya yaitu ilmu nahwu, sharaf, balagah, semantik dan sastra Arab. Saya suka menulis isu-isu terkait bahasa, sastra maupun wacana bahasa Arab. Di samping itu, saya juga tertarik untuk mengupas isu-isu terkini dan aktual baik terkait isu sosial, politik, ekonomi maupun budaya di level nasional dan internasional.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Bentuk Soal Keterampilan Membaca (Maharah al-Qiro'ah) dalam Bahasa Arab Tingkat B1 menurut CEFR: Uraian dan Penjelasannya

21 November 2024   13:22 Diperbarui: 21 November 2024   13:24 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Pada tingkat B1 dalam penguasaan bahasa Arab, keterampilan membaca (maharah al-qira'ah) difokuskan pada kemampuan untuk memahami teks-teks yang lebih panjang dan kompleks, serta untuk mengekstrak informasi secara efektif dan efisien. Peserta ujian diharapkan dapat membaca teks dengan tujuan tertentu, memahami makna eksplisit maupun implisit, serta mampu menganalisis isi teks yang bersifat formal atau semi-formal. Bentuk soal keterampilan membaca di tingkat ini beragam, dan bertujuan untuk menguji pemahaman umum, analisis, serta keterampilan inferensi dalam konteks budaya dan linguistik Arab.

Berikut adalah bentuk soal keterampilan membaca dalam ujian bahasa Arab tingkat B1, beserta penjelasan tentang tujuan dan cara penyelesaiannya:

1. Soal Pilihan Ganda (Multiple Choice)

Soal pilihan ganda adalah bentuk yang paling umum dalam ujian keterampilan membaca bahasa Arab tingkat B1. Pada soal ini, peserta diminta untuk memilih satu jawaban yang paling tepat dari beberapa pilihan yang diberikan. Tujuan utama soal pilihan ganda adalah untuk menguji kemampuan peserta dalam memahami informasi langsung dari teks, serta kemampuan untuk menarik kesimpulan dari konten yang lebih mendalam.

  • Contoh Soal: Teks membaca berupa artikel tentang kebudayaan Arab, dan peserta diminta memilih jawaban yang tepat terkait informasi dalam teks, seperti "Siapa yang disebutkan sebagai tokoh penting dalam teks?" atau "Apa tujuan utama penulis dalam artikel ini?"
  • Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman terhadap informasi eksplisit (tersurat) dalam teks, seperti fakta atau pernyataan yang disebutkan secara jelas.

2. Soal Isian (Fill in the Blanks)

Pada soal isian, peserta diminta untuk melengkapi bagian yang kosong dalam teks dengan kata atau frasa yang sesuai. Teks yang diberikan biasanya mengandung ruang kosong yang perlu diisi dengan kata-kata yang tepat berdasarkan konteks. Soal ini menguji kemampuan peserta dalam memahami kalimat dan struktur bahasa Arab, serta kemampuan mereka untuk mengidentifikasi makna kata berdasarkan konteks.

  • Contoh Soal: Teks:

Al-lughoh al-'Arabiyyah ..............fi al-duwal al-'Arabiyyah.

Pilihan Jawaban:

  • Sahlah
  • Mu'aqqodah
  • Syahiirah 
  • Penjelasan: Peserta harus memilih kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat, yang menguji pemahaman mereka terhadap struktur kalimat dan makna kata dalam konteks yang lebih luas.

3. Soal Pertanyaan Terbuka (Open-ended Questions)

Soal pertanyaan terbuka meminta peserta untuk memberikan jawaban yang lebih panjang berdasarkan pemahaman mereka terhadap teks. Soal jenis ini menguji kemampuan peserta dalam merangkum ide utama atau memberikan analisis tentang teks yang dibaca. Peserta mungkin diminta untuk menjelaskan makna tertentu, memberikan pandangan pribadi, atau menjawab pertanyaan yang mengarah pada pemahaman yang lebih dalam.

  • Contoh Soal: Setelah membaca sebuah teks tentang sejarah negara-negara Arab, peserta diminta untuk menjelaskan dalam beberapa kalimat apa yang menjadi tema utama dari teks tersebut dan bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan budaya Arab.
  • Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan peserta untuk menganalisis ide utama teks dan mengungkapkan pendapat atau interpretasi mereka dalam bahasa Arab dengan cara yang terstruktur dan jelas.

4. Soal Menyusun Kembali Kalimat (Rearranging Sentences)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun