Mohon tunggu...
Ahmad Sahudin
Ahmad Sahudin Mohon Tunggu... Guru - Kepala SDN 2 Sekotong Timur
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya adalah seorang guru yang suka mengekspresikan diri dengan foto-foto dan jalan-jalan menikmati keindahan alam.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Sambil Bermain

5 Juli 2022   22:22 Diperbarui: 5 Juli 2022   22:41 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Membuat anak senang dalam memberikan pembelajaran Matematika adalah harapan semua guru. Ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, sebagai guru sangat mengharapkan anak didik senang dalam mengikutinya. Setelah selesai kegiatan belajar mengajar guru berharap peserta didik dapat memahami dengan baik materi yang baru saja dipelajarinya.

Kenyataannya terkadang berbeda. Ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, peserta didik banyak yang kurang memberikan perhatian atau fokus terhadap materi yang sedang dipelajari. Mereka merasa bosan dan tidak senang belajar Matematika. 

Mereka tidak senang bukan dikarenakan mereka kurang mampu, namun, mereka kurang senang karena cara guru memberikan pembelajaran terkadang kurang kreatif, inovetif, dan kolaboratif. 

Guru lebih dominan memberikan pembelajaran Matematika dengan memberikan penjelasan langsung atau yang lebih dikenal dengan metode ceramah.

Agar peserta didik senang dan bersemangat dalam belajar Matematika, salah satu solusinya adalah dengan mengaitkan pembelajaran Matematika dengan permainan. 

Banyak materi-materi yang bisa dibelajarkan dengan pendekatan permainan. Siswa akan merasa senang karena di samping mereka belajar, mereka juga sedang bermain. 

Salah satu materi pelajaran Matematika yang bisa dibelajarkan dengan pendekatan permainan adalah menentukan luas permuakaan suatu bidang datar. 

Permainan yang sesuai dengan materi ini adalah permainan "Gobak Sodor". Dengan permainan ini, guru dapat menggiring peserta didik untuk menemukan sendiri cara menghitung luas permuakaan suatu bidang. Adapun lebih detilnya silakan tonton video berikut ini. 

Setelah menonton video tersebut jangan lupa umpan balik Bapak /Ibu demi perbaikan-perbaikan ke arah yang lebih baik.

terima kasih semoga bermanfaat.

Wassalam wr. wb.

Salam Literasi!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun