Mohon tunggu...
Ahmad Nuryaman
Ahmad Nuryaman Mohon Tunggu... Freelancer - Writer

writer

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Camping Ceria di Gunung Salak, Berani?

11 Maret 2022   23:05 Diperbarui: 11 Maret 2022   23:08 960
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gunung Halimun Salak (Bogordaily.net)

Gunung Salak merupakan salah satu gunung yang terletak di wilayah Jawa Barat. Dikenal dengan kisah mistis yang angker sehingga jarang pula ada orang yang berani untuk mendakinya namun kedatangan saya bukan untuk mendaki tetapi untuk melakukan aktifitas camping di kaki gunung salak.

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang namun rintangan yang berat dan menguras tenaga menjadi salah satu faktor yang dijadikan pertimbangan. Jika kalian merasa tidak memiliki fisik yang kuat namun ingin merasakan sensasi berlibur di alam terbuka, kalian bisa mencoba untuk camping (camping ceria). Ada bayak lokasi untuk melakukan aktifitas camping namun lokasi yang saya piliih berada di kaki gunung salak via Cidahu Sukabumi.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Pada hari sabtu 12 februari 2022, saya memutuskan untuk menyusul teman yang sudah terlebih dahulu tiba di lokasi camping gunung salak di cidahu Sukabumi Jawa Barat. Saya pergi menggunakan sepeda motor berboncengan dengan teman saya anggi. Berangkat sehabis shalat magrib, menempuh perjalanan 90 km dari kediaman saya di jaksel. Untuk menuju ke cidahu, saya harus melewati jalur yang biasa dilewati untuk menujuk Puncak Bogor.

Simpang Gadog
Simpang Gadog
Jika kalian menemukan pecahan jalan menuju puncak ke arah kiri, kalian mengambil jalur lurus menuju arah sukabumi. Setelah melewati persimpangam lampu merah gadog, petualangan dimulai. Hati-hati dan konsentrasi merupakan hal wajib karena kondisi jalan yang tidak terlalu bagus juga selalu dilewati oleh truk besar menyebakan kondisi jalan menjadi tidak mulus lagi. Dari pesimpangan lampu merah gadog untuk mencapai cidahu membutuhkan waktu sekitar 2jam. setelah melewati pasar menandakan bahwa sebentar lagi kalian harus belok ke kanan jalan dengan ciri ada pom bensin di kiri jalan. setelah belok ke kanan kalian lurus mengikuti jalan hingga nanti tiba di pos gunung salak.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Sebelum masuk ke area camping gunung salak kalian harus registrasi terlebih dahulu di pos. saya tidak tau pasti berapa harga tiket per orang karena sudah beberapa kali saya berkunjung, perhitungan seperti berbeda-beda. Kali ini saya bersama dengan anggi dikenakan biaya 70 ribu dengan rincian 30rb per orang sedangkan untuk parkir motor kena biaya 10rb.

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Area camping dikaki gunung salak via cidahu ada 4 lokasi camp. namun lokasi yang kawan-kawan saya pilih di camp damar. Setelah tiba dicamp damar saya disambut oleh kawan-kawan yang sudah terlebih dahulu tiba. mereka sedang melakukan masak-masakan sambil menyeduh kopi untuk menghangatkan suasana yang kala itu terasa dingin. moment ini sangat berharga ketika kita bisa saling berinteraksi tanpa gangguan kebiasaan memainkan Handphone.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun