ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan PKn dalam upaya pembentukan karakter kewarganegaraan mahasiswa melalui proses pendekatan berbasis nilai pada pembelajaran mata kuliah PKn dalam perguruan tinggi sehingga mewujudkan good citizen.Â
PKn di perguruan tinggi adalah bagaimana mendidik para mahasiswa sebagai calon intelektual bangsa menjadi warga negara yang baik yang dapat memahami tentang substansi nilai-nilai falsafah negaranya, memiliki kepribadian yang mantap, berpandangan luas dan mampu bersikap demokratis yang berkeadaban.Â
Kompetensi dasar dari mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah agar mahasiswa nantinya dapat menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan (nasionalisme) dan cinta tanah air (patriotisme), menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin serta dapat berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai-nilai Pancasila.Â
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif studi pustaka, dengan menggunakan sumber data litelatur jurnal, buku-buku dan lain lain.Â
Hasil penelitian ini yakni PKn sebagai media pendidikan karakter bukan sekedar mengenalkan nilai-nilai kepada mahasiswa, tetapi juga harus mampu menginternalisasi nilai-nilai berdasarkan pancasila agar berfungsi sebagai muatan hati nurani sehingga mampu membangkitkan penghayatan dan pengamalannya sebagai warga negara, nilai-nilai inilah yang akan menyusun ketahanan mental dan moral manakala terjadi pertemuan antar nilai yang berbenturan.Â
Kata Kunci: Karakter Kewarganegaraan
Abstrack
This study aims to describe the role of Civics in the effort to build student citizenship through a values-based approach to learning Civics courses in tertiary institutions so as to create good citizens.Â
Civics in tertiary institutions is how to educate students as intellectual candidates for the nation to become good citizens who can understand the substance of the country's philosophical values, have a solid personality, have a broad outlook and are able to act in a civilized democratic manner.Â
The basic competence of citizenship education courses in tertiary institutions is that students can later become scientists and professionals who have a sense of nationalism (nationalism) and love for the motherland (patriotism), become citizens who have competitiveness, are disciplined and can participate actively in building life. peace based on the Pancasila values system.Â