Membantu jiwa jasmani dan rohani siswa (Sujana, 2019) untuk berpindah dari fitrah alaminya menuju peradaban yang lebih manusiawi dan lebih baik (Mustaqim, 2017).Pendidikan dapat menghasilkan mutu yang berkelanjutan karena merupakan proses yang berkesinambungan dan tidak pernah berakhir (a prepare that never conclusion) (Arnila, 2021).Hal ini bertujuan untuk mewujudkan citra manusia masa depan dan berakar pada nilai-nilai budaya Bangsa dan Pancasila (Winata et al., 2021).Pendidikan harus mengembangkan nilai-nilai filosofis dan budaya bangsa secara holistik dan komprehensif (Hasan, 2012).
Merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, fungsi pendidikan yaitu Pasal 3 menyatakan: “Menjadikan kehidupan masyarakat yang lebih bijaksana dan maju” menunjukkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia bermartabat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.Tujuan pendidikan adalah mewujudkan warga negara yang berilmu, kompeten, kreatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, serta berakhlak mulia dan berakhlak mulia (Nasional, 2003).Mempunyai kemauan dan kemampuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pribadi, sosial, dan budaya secara wajar.
Permasalahan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tidak terlepas dari lembaga pendidikan yang mempunyai misi untuk melatih guru profesional (Pitriani et al.,2020).Tenaga pengajar dalam kerangka organisasi merupakan unsur terpenting dalam pembentukan kompetensi dan mutu.Salah satu inisiatif kursus PGMI adalah Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan (Rokhimawan et al.2020).Program ini bisa menjadi solusi atas kurangnya persiapan mahasiswa dalam praktik mengajar.
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI): Membangun generasi pendidik yang terampil Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dirancang khusus untuk tingkat SD Seminari Ibtidaiyah Ini adalah program pembelajaran yang ditujukan melatih para pendidik yang bermotivasi Madrasah Ibtidaiyah(MI) dan Sekolah Dasar (SD).
Dalam pendidikan Indonesia, PGMI berperan penting dalam menghasilkan generasi pendidik yang tidak hanya kompeten secara akademis namun juga berakhlak mulia dan mampu beradaptasi dengan perkembangan saat ini.
PGMI dirancang untuk mencapai beberapa tujuan strategis, antara lain:
1.Membangun guru yang berkualitas: PGMI bertujuan untuk menghasilkan calon guru yang berkualitas, profesional, dan mempunyai motivasi mengajar.MI dan sekolah dasar dengan kapasitas mengajar yang memadai.
2.Riset dan Inovasi: Program ini juga berfokus pada pengembangan penelitian pendidikan yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas pembelajaran.
3.Pengabdian kepada Masyarakat: Lulusan PGMI diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu pendidikan yang diperolehnya untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.
Kompetensi Lulusan Kompetensi lulusan PGMI sangat penting dalam menentukan mutu pendidikan yang diberikan kepada peserta didik.Kompetensi utama yang harus dimiliki lulusan PGMI adalah Ilmu Pendidikan Dasar Menguasai teori dan praktik pendidikan dasar serta metode pembelajaran yang efektif.
Metode Pembelajaran Tingkatkan keterlibatan siswa menggunakan berbagai metode pembelajaran tematik dan inovatif.Penilaian Pembelajaran Menguasai teknik evaluasi untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar.Bimbingan dan Nasihat Anda memiliki kemampuan memberikan bimbingan kepada siswa untuk mengatasi masalah belajar.