Mohon tunggu...
Ahmad Ismail
Ahmad Ismail Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga

Saya tertarik untuk belajar menuliskan apapun yang ingin saya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Asyiknya KKN Kolaborasi di Gunungkidul

24 Juli 2023   01:03 Diperbarui: 24 Juli 2023   01:05 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berkunjung ke pantai Baron kala sore hari: Dokumentasi pribadi

Saya adalah salah satu dari 3000 lebih mahasiswa di Perguruan tinggi islam negeri di di Yogyakarta yang terdaftar sebagai peserta KKN 111 tahun 2023. 

Saya terdaftar sebagai peserta KKN reguler, yang berarti tempat pelaksanaan KKN telah ditentukan oleh pihak LPPM kampus. Namun, sangat beruntung bagi saya, karena tanpa dugaan, nama saya terdaftar sebagai peserta KKN kolaborasi yang dilaksanakan di Gunungkidul, tepatnya di dukuh Blimbing, Desa Planjan, Kecamatan Saptosari.

Keberuntungan pertama saya adalah KKN kolaborasi ini merupakan gabungan antara mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri se-Indonesia, termasuk UIN Matara, UIN Samarinda, UIN Bandung, dan Perguruan Tinggi Islam Negeri lainnya.

Ini merupakan inovasi baru yang sangat menarik untuk membangun jejaring yang lebih luas. Saya mendapatkan kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dan cerita dengan mahasiswa dari berbagai Perguruan tinggi Islam se-Indonesia.

Kebahagiaan kedua saya adalah KKN yang bertempat di Gunungkidul. Hal ini merupakan sebuah keistimewaan bagi peserta KKN untuk dengan mudah menikmati keindahan pantai-pantai selatan. 

Tanpa biaya masuk pantai, para peserta KKN bebas memilih pantai mana saja yang ingin dikunjungi. Di Gunungkidul sendiri terdapat banyak pantai yang menawarkan keindahan luar biasa. Jarak antar pantai pun relatif dekat. Beberapa di antaranya adalah Pantai Baron, Pantai Widodaren, Pantai Ngrenehan, dan masih banyak lagi.

Hampir setiap minggu, kelompok saya berkesempatan untuk mengunjungi pantai sebanyak 2 hingga 3 kali. Hal ini menjadi kebahagiaan bagi peserta KKN Gunungkidul yang mungkin bukan berasal dari daerah pesisir. 

Melihat keindahan ombak pantai, serta menikmati hembusan angin sepoi-sepoi, memberikan rasa damai di tengah penatnya menghadapi beban-beban kuliah semester akhir.

Bagi saya pribadi, berkunjung ke pantai pada sore hari merupakan sebuah momen yang patut disyukuri. 

Selain mendapatkan foto-foto indah dengan latar alam pantai yang memukau, melihat pantai juga mampu memunculkan inspirasi bagi saya dalam menulis tulisan-tulisan kecil yang kemudian saya publikasikan di blog pribadi saya. Demikianlah tulisan saya kali ini. Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun