Bisnis Online dalam artian secara umum bisnis online atau online shop merupakan toko yang semua proses transaksinya dilakukan secara digital melalui perantara yang digunakan oleh pembeli dan penjual. Tentunya untuk mendapatkan kesepakatan dalam kegiatan jual beli. Sedangkan artian secara luasnya, Online Shop merupakan tempat dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara fisik. Disini pembeli ditawarkan barang dalam bentuk display produk di e-commerce yang disediakan penjual sebagai gambaran dari produk yang akan dibeli oleh konsumen.
Etika Bisnis Online harus disiapkan dengan matang. Seperti saat memulai usaha online penjual tidak dapat melihat langsung konsumen yang membeli produk. Etika sangatlah penting dalam upaya menumbuhkan kepercayaan konsumen. Kita harus bisa membuat konsumen percaya dan puas atas pelayanan yang kita berikan. Etika yang bisa kita lakukan dalam melayani penjualan online, pertama selalu bersikap ramah kepada kembali, kedua selalu menyapa dengan panggilan yang sopan, ketiga membalas semua pertanyaan yang diajukan oleh pembeli, keempat tidak menyalahgunakan data pembeli, kelima kemasan barang yang diberikan kepada konsumen dengan rapi.
Kepuasan konsumen suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui jasa atau produk yang dikonsumsi. Dimana jika kinerja produsen gagal dalam memenuhi harapan pelanggan, maka pelanggan akan merasa tidak puas, dan jika kinerja juga gagal dalam memenuhi harapan pelanggan, maka pelanggan pun akan merasa tidak puas serta, dan jika kinerja yang diberikan oleh produsen sesuai dengan pemenuhan harapan konsumen, maka pelanggan akan merasa puas.
Faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, yang pertama konsumen merasa puas bila hasil yang diperoleh  oleh mereka menunjukan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas, Kedua konsumen akan merasa puas jika pelayanan yang diterima baik dan sesuai dengan yang diharapkan, serta Kualitas barang dengan harga yang diberikan sama, tetapi harga yang diberikan kepada konsumen relatif rendah dengan begitu akan memberikan nilai yang tinggi kepada konsumen.
Pengukuran kepuasan konsumen yang bisa kita lakukan dengan cara yang pertama kita tanyakan kepada konsumen apakah anda merasa puas dengan produk yang telah diterima. Kedua meminta penilaian kepada pelanggan terhadap produk yang diterima. Ketiga kepuasan konsumen diukur terhadap kesesuain barang yang didapat terhadap produk yang dipesan, dan konsumen selalu pesan barang dan menjadi langganan ditoko kita.
Jika prinsip-prinsip etika bisnis dijalankan dengan baik maka konsumen akan merasa puas. Pelanggan menduduki posisi kunci untuk menjamin sukses setiap bisnis besar atau kecil."Pelanggan adalah Raja" sebenarnya tidak merupakan slogan saja yang bermaksud menarik sebanyak mungkin pembeli. Ungkapan ini sekaligus menunjukkan tugas pokok bagi produsen mengupayakan kepuasan konsumen. Pelanggan adalah raja dalam arti bahwa dialah yang harus dilayani dan dijadikan tujuan utama kegiatan produsen. Tidak mengherankan, kalau peter Drucker, perintis teori manajemen, menggarisbawahi peranan sentral pelanggan atau konsumen dengan melandaskan bahwa maksud bisnis bisa didefinisikan secara tepat sebagai "to create a customer".
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H