Mohon tunggu...
Ahmad Firdana
Ahmad Firdana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Seorang penuntut ilmu yang berkecimpung di dunia engineering

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Pengalaman Magang Industri Perkapalan

28 Januari 2025   16:16 Diperbarui: 28 Januari 2025   16:16 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemandangan galangan kapal pada malam hari

Penulis, Ahmad Izza Ihwani Firdana, Saat ini, penulis sedang menempuh pendidikan di Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya dan berada pada semester lima. Sebagai mahasiswa yang aktif, penulis tidak hanya fokus pada kegiatan akademik, tetapi juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan organisasi dan kepanitiaan di kampus. Penulis ikut aktif dalam kegiatan riset robotik sebagai anggota divisi mekanik yang memiliki tugas dalam pendesaian komponen robot, khususnya robot terbang jenis fixed wing. 

       Selain itu, Penulis juga terlibat dalam berbagai kepanitiaan yang mengemban tugas pada staf acara yang secara garis besar bertugas untuk menyukseskan acara dengan pertimbangan konsep yang matang dan sesuai tema. Melalui peran tersebut, penulis belajar pentingnya perencanaan yang matang serta kemampuan bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan bersama. Pengalaman ini juga mengasah keterampilan penulis dalam mengelola sumber daya dan membuat keputusan yang tepat untuk mendukung keberhasilan acara yang diadakan. Sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan kemampuan dan menambah wawasan, penulis juga mengikuti Program Magang Mandiri yang memungkinkan penulis untuk terlibat langsung dalam kegiatan industri dan praktik kerja lapangan. Melalui program ini, penulis dapat memperoleh pengalaman nyata di luar kampus yang berguna untuk memahami lebih dalam tentang dinamika dunia kerja serta memperluas jejaring profesional. Penulis percaya bahwa setiap pengalaman yang didapatkan selama masa kuliah, baik dalam kegiatan akademik maupun organisasi, berkontribusi pada proses pengembangan diri yang berkelanjutan. Dengan semangat untuk terus belajar dan beradaptasi, penulis berharap dapat terus mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang akan berguna baik dalam dunia akademik maupun di masa depan. 

       Pada kesempatan kali ini, Program magang yang saya jalani bertempat di PT. Orela Shipyard yang terletak di Jalan Raya Ngemboh No. 02, Cabean, Ngimboh, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61154 dengan akses transportasi darat dan laut yang terjangkau. Selain itu PT. Orela Shipyard juga memiliki kantor pusat yang berada di lantai 5, Graha KCT Jalan W.R Supratman No.23, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60264. Bergerak di bidang galangan kapal yang menyediakan solusi bagi industri transportasi laut di Indonesia berupa pembangunan kapal baru dan perbaikan kapal. Didirikan pada tahun 2011, PT Orela Shipyard yang berlokasi di Gresik terus mengembangkan perusahaan dan berkomitmen meningkatkan pelayanan dengan menjalankan kegiatan yang mengutamakan keselamatan, kualitas, dan fokus pada kebutuhan pelanggan. PT Orela Shipyard merancang, membangun dan melakukan perbaikan berbagai jenis kapal umum, kapal angkut barang, kapal kenavigasian, Anchor Handling Tugboats (AHTS), Offshore Support Vessel (OSV), kapal penumpang dengan kecepatan tinggi (crewboat), tanker, dan tongkang. Orela Shipyard memiliki personel yang ahli dan berpengalaman untuk melakukan modernisasi kapal yang kompleks sehingga dapat menawarkan berbagai solusi inovatif dalam mengembangkan konsep ideal yang klien butuhkan 

       Pada bab ini, penulis menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan data yang valid dan akurat. Metode yang digunakan meliputi observasi, studi literatur serta kalkulasi dalam penyusunan laporan magang. Langkah-langkah yang dilakukan penulis akan dijelaskan secara singkat dan mudah dipahami. 

       Langkah pertama adalah metode observasi, yang digunakan untuk mengumpulkan data sesuai dengan kondisi aktual di perusahaan. Observasi ini dilakukan sebelum memverifikasi data yang kurang lengkap bersama pihak-pihak terkait. Kegiatan observasi mencakup proses pengenalan lingkungan galangan hingga natural-behavior sekitar galangan. Melalui metode ini, penulis memperoleh informasi mengenai tahapan awal dalam merencanakan sebuah proyek untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. 

      Setelah observasi dianggap mencakup sebagian besar data namun memerlukan bukti tambahan, penulis melakukan studi literatur terhadap konseptual Komponen mulai cara kerja, bagaimana komponen tersebut dapat ter-assembly. 

     Tahap terakhir adalah Perncanaan melalui proses matematik . Dalam tahap ini, penulis melaksanakan Metode perhitungan melalui Langkah sistematik yang telah resmi diberikan oleh beberapa penulis dan melalui melalui diskusi serta komunikasi dengan mentor. Sebagai hasil Akhir dari tahap ini adalah penentuan karakteristik dari Komponen Penyusun kapal yang dapat diproses sebagai komponen pyang bermanfaat pada tempat yang telah ditentukan. Pada akhirnya, penulis berhasil mempresentasikan hasil yang memuaskan dengan mengedepankan keinginan bersama.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun