Jadi pada hari ini saya akan menjelaskan peranan psikologi dalam sikap positif pembelajaran peserta didik
A. PENGERTIAN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIKÂ
Sikap merupakan unsur awal seseorang sebelum melakukan sebuah tindakan. Sikap dapat juga diartikan sebagai niat seseorang berkaitan dengan kontrol atau kendali seseorang terhadap respons pada suatu keadaan tertentu yang dihadapi oleh orang tersebut. Sikap dalam Bahasa Inggris attitude dapat diartikan sebagai atribut yang menunjukkan status mental individu. Sikap tersebut diarahkan pada objek tertentu atau sesuatu hal yang sifatnya masih tertutup. Sehingga manifestasi,sikap tidak dapat langsung dapat dilihat, namun dapat ditafsirkan dari perilaku yang tertutup tersebut. Sikap juga bersifat sosial, yakni sikap seseorang hendaknya dapat beradaptasi dengan orang lain.Sikap merupakan penguat yang dapat bersifat positifÂ
atau negatif terhadap perilaku seseorang yang berhubungan dengan objek psikologi. Orang dikatakan memiliki sikap positif terhadap suatu objek psikologi apabila ia suka (like) atau memiliki sikap yang favorable,sebaliknya orang yang dikatakan memiliki sikap yang negatif terhadap,objek psikologi bila ia tidak suka (dislike) atau sikapnya unfavorable terhadap objek psikologiSikap belajar peserta didik yang dimaksud dalam konteks iniadalah suatu sikap yang terwujud dalam bentuk perasaan senangatau tidak senang terhadap suatu pelajaran. Sikap belajar pesertadidik harus dibentuk, dikembangkan, dipelihara, dan terus diperkuatsecara kontinu agar ia selalu merasa senang terhadap pelajaran. Rasasenang peserta didik terhadap pelajaran akan meningkatkan motivasibelajarnya, sehingga dengan meningkatnya motivasi belajar pesertadidik, diharapkan prestasi belajarnya juga terus meningkat
2KOMPONEN SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK.
Sikap belajar peserta didik dalam hal ini merupakan reaksi psikologis peserta didik terhadap.tugas utamanya yakni belajar, yang terwujud dari perilaku belajarnya.Sikap belajar peserta didik perlu dikembangkan secara kontinu agar peserta didik memiliki sikap positif dalam belajar, sehingga ia akan rajindan tekun dalam belajar. Secord danÂ
Bacman membagi sikap menjadi tiga komponen, yaitu: (1) komponenkognitif, adalah komponen yang terdiri dari pengetahuan; pengetahuaninilah yang akan membentuk keyakinan dan pendapat tertentu tentangobjek sikap; (2) komponen afektif, adalah komponen yang berhubungandengan perasaan senang atau tidak senang, sehingga bersifat evaluatif;3komponen konatif, adalah komponen sikap yang berupakesiapan seseorang untuk berperilaku yang berhubungan dengan objek sikapÂ
3MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Sikap belajar yang harus dibangun pada diri peserta didik tentunyaadalah sikap positif belajar. Sikap positif belajar peserta didik merupakankecendrungan peserta didik yakni mendekati, menyenangi, sertamengharapkan untuk belajar dan belajar. Sikap positif belajar peserta.didik terbangun dari nilai (value) peserta didik yang menganggap bahwa belajar itu penting dan baik bagi peserta didik. Guru perlu melakukan usaha-usaha untuk menumbuhkan dan memberikan motivasi belajar peserta didik agar melakukan aktivitas belajar dengan baik. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik yang didukung oleh motivasi yang tinggi dan menyenangkan diharapkan akan menghasilkan belajar yang baik.Motivasi dapat memberi semangatÂ
terhadap peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan Motivasi dapat menentukan tingkat keberhasilan atau kegagalan kegiatan pembelajaran warga belajar Motivasi dapat berfungsi sebagai pendorong dalam. Dan untuk semngat belajar.
Yah kemukiman itu saja yang bisa saya sampaikan mohon maaf kalau ada salah