Penulis
Ahmad Faisal, S.Pd
SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo
ahmadfaisal32@guru.smp.belajar.id Â
Pendahuluan
 Strategi pembelajaran merupakan hal yang harus diperhatikan dalam memperbaiki proses pembelajaran, sehingga berdampak kepada meningkatnya kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam pemecahan permasalahan matematika. Alternatif strategi diantaranya adalah merancang perangkat pembelajaran yang sesuai dengan model pembelajan inovatif, video pembelajaran dan LKPD yang menarik, menciptakan interaksi sosial kelompok ketika proses pembelajaran berlangsung dan memberikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata.
Kemampuann dan keterampilan dalam pemecahan permasalahan soal non-rutin yang rendah sangat banyak dijumpai pada peserta didik, sehingga perlu strategi untuk mengatasi kondisi tersebut dan menjadi masukkan bagi guru lain untuk mengatasi permasalah yang sama. Adapun tantangan bagi para pendidik dan peserta didik adalah belum terbiasa menggunakan model pembelajaran inovatif, media dengan sentuhan teknologi atau aplikasi dan Permasalahan yang diberikan tidak berkaitan dengan kehidupan nyata
Pembahasan
Dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dilengkapi dengan beberapa instrumen berupa modul ajar, LKPD, Bahan ajar, instrumen penilaian dan evaluasi, dan juga tidak lupa adalah media ajar. Tahapan yang dilakukan dalam model pembelajaran ini dimulai dari Pendahuluan, disini hal yang penting adalah dilakukannya proses apersepsi yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan kemampuan awal dan prasyarat peserta didik untuk mempelajari materi yang baru. Apersepsi ini dilakukan dengan berbantuan aplikasi quiziz.dimana peserta didik diberikan 6 soal yang memuaat 3 soal untuk mengetahui pemahaman materi sebelumnya dan 3 soal untuk  materi prasyarat berupa peserta didik harus mampu memahami mana suku sejenis dan mana yang tidak sejenis. Peserta didik melakukan ini dengan menggunakan Handphone masing-masing yang dikerjakan secara mandiri. Setelah menjawab soal yang diberikan maka didapatkan hasil sebagaimana gambar dibawah ini. Pada soal dibuat
Dari gambar 1 didapatkan bahwa semua peserta didik yang telah menguasi materi yang dijadikan materi prasyarat, dimana peserta didik mampu menjawab dengan benar semua materi prasyarat dengan benar. Dimana pada soal no 1-3 dapat disimpulkan peserta didik telah mampu untuk memahami unsur-unsur yang terdapat di bentuk aljabar, sedang pada soal n0 4-6 dapat disimpulkan peserta didik mampu untuk memahami mana suku sejenis dan tidak sejenis pada suatu bentuk aljabar dan ini merupakan materi prasyarat untuk masuk pada materi operasi penjumkahan dan pengurangan bentuk aljabar.