Mohon tunggu...
Ahmad Deliya Ferdiansyah
Ahmad Deliya Ferdiansyah Mohon Tunggu... Security - Laki laki

Bismillah..

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Mengapa Bekerja Sambil Kuliah?

21 Desember 2020   11:50 Diperbarui: 21 Desember 2020   12:04 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Motivasi mengapa saya bekerja sambil kuliah

Assalamualaikum Wr. Wb saya Ahmad Deliya Ferdiansyah mahasiswa STIAMAK Barunawati Surabaya ingin berbagi cerita mengenai alasan saya mengapa bekerja sambil berkuliah.

Pernah saya ditanyai oleh seorang teman saya "sudah kerja kok masih pengen sekolah lagi?"

Saya lulus SMA pada tahun 2017, belum sempat berpikir untuk saya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ya memang umumnya ketika setelah lulus dari SMA harusnya lanjut ke perguruan tinggi, tapi saya lebih memilih untuk mencari suatu pekerjaan terlebih dahulu. Satu tahun saya mencari-cari pekerjaan, tapi belum juga dapat. 

Memang sulit mencari pekerjaan yang mana saya yang baru lulus SMA dan minim sekali pengalaman dan skill dalam bekerja. Di akhir tahun 2018 alhamdulillah saya mendapatkan suatu pekerjaan dan sampai sekarang masih bekerja ditempat yang sama. Dan sempat berpikir kembali untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Akhirnya di tahun 2020 saya memutuskan melanjutkan pendidikan di STIAMAK Barunawati Surabaya. Suatu sekolah tinggi ilmu administrasi dan manajemen kepelabuhan. Tahun pertama masuk kuliah saya menjalani perkuliahan dengan sistem daring akibat dari pandemi COVID-19 yang belum juga usai. Kuliah sambil bekerja susah-susah gampang, yang mana kita dituntut harus bisa membagi waktu antara bekerja dan kuliah. 

Awalnya saya ragu untuk kuliah, ya dikarenakan satu saya sudah bekerja, sebagian orang pasti berfikir ketika sudah bekerja, sudah punya pemasukan sendiri jadi lebih baik menikmati hasil dari keringat kita sendiri dan kedua, musim pandemic COVID-19 seperti ini. Namun, saya membuang jauh-jauh pikiran seperti itu. Tekad dan niat saya dari dulu yang ingin membanggakan orang tua untuk jadi sarjana dan dorongan motivasi dari keluarga lah yang meyakinkan saya untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Apabila membaca sekilas tentang kisah saya, saya baru menyadari bahwa pengalaman dan motivasi saya untuk bekerja dan berkuliah merupakan satu di antara contoh teori motivasi menurut teori-teori Y Mc Gregor " rata-rata seseorang akan mau belajar jika dalam kondisi yang layak, tak hanya menerima namun juga ikut mencari tanggung jawab"

Kuliah sambil bekerja yang saya lakukan saat ini untuk melatih mental dan fisik saya agar terbiasa dan bisa mengetahui bagaimana menghadapi suatu tantangan, baik dalam dunia kerja maupun bersekolah.

Kedepannya saya ingin menjadi seseorang yang memiliki kontribusi yang baik dalam perusahaan yang memperkerjakan saya saat ini. Dan untuk segi kebutuhan hidup saya bisa tertantang untuk membagi antara keperluan pribadi dan keperluan sekolah. Pikirkan lah matang- matang apa yang sebenarnya anda inginkan. Semua mimipi pasti butuh pengorbanan dan proses untuk mewujudkan mimpi tersebut. Beri motivasi untuk pribadi dan yakin akan apa yang anda putuskan.

Mohon maaf apabila ada kata atau bahasa yang kurang berkenan. Sekian terima kasih  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun