Masalah yang Dihadapi Guru dalam Pembelajaran
Pendidikan memegang peran penting dalam membentuk masyarakat. Namun, para guru seringkali dihadapkan pada berbagai tantangan yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Beberapa masalah yang umumnya dihadapi guru melibatkan:
1. Kelas Beragam Tingkat Kemampuan
Guru sering kali dihadapkan pada tantangan menyelaraskan pengajaran untuk siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda. Meningkatkan diferensiasi pembelajaran dapat menjadi solusi, tetapi hal ini memerlukan usaha ekstra dalam perencanaan pelajaran. karena guru harus memiliki pengetahuan, kesabaran dan kedekatandengan siswa/siswi.
2. *Teknologi dan Perangkat Pembelajaran:*
  Sementara teknologi dapat meningkatkan pembelajaran, tidak semua guru memiliki akses atau pengetahuan yang cukup untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam pengajaran mereka. Diperlukan pelatihan dan dukungan yang memadai. dengan adanya perkembangan teknologi yang seperti sekarang banyak sekolah sekolah memperbolehkanpara peserta didik menggunakan Handphone baik dalam sekilah maupun dalam pembelajaran. sehingga fokus anak dalam belajar sedikit berkurang.
3. *Kurangnya Sumber Daya:*
  Banyak sekolah, terutama di daerah pedesaan, menghadapi keterbatasan sumber daya. Guru sering kali harus berjuang untuk menyediakan materi pembelajaran yang memadai, buku teks, atau fasilitas yang sesuai agar pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif. dan terkadang guru harus mengeluarkan biaya lain dalam menunjang pembelajaran seperti hadiah untuk kuiz, media pembelajaran dll.
4. Â *Tantangan Kedisiplinan:*
  Guru sering dihadapkan pada masalah kedisiplinan di kelas, yang dapat mengganggu proses pembelajaran. oleh karena itu guru harus memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan profesional dalam menga Mengelola kelas serta  membangun hubungan yang baik dengan siswa agar kedisiplinan dapat terlaksana dengan baik.
5. Â *Beberapa Metode Pembelajaran Tidak Efektif:*
  Penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa dapat mengurangi efektivitas pengajaran. Guru perlu terus menerus mengkaji dan menyempurnakan strategi mereka dalam penggunaan metode pembelajaan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran. sehingga pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.
6. Â *Keterlibatan Orang Tua:*
  Tidak semua orang tua mensupport peserta didik dalam menuntut ilmu, oleh karena itu untuk melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Komunikasi yang efektif dengan orang tua sangat penting untuk memastikan dukungan mereka dalam pendidikan anak-anak.