ahmad azzam dhiaulhaq
ahmad azzam dhiaulhaq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa dan santri

Pengetahuan jangan cuma dipendam dalam kepala. jangan hanya jadikan ia sebagai koleksi-koleksi yang sia-sia. tulislah. tulislah.

Ruang Kelas

Capeknya Kita, Suksesnya Kita: KKL Internasional 2024

29 Januari 2024   18:25 Diperbarui: 29 Januari 2024   18:27 53
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada Selasa, 9 Januari 2024, 35 Mahasiswa dan 2 Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab melaksanakan kegiatan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) Internasional dengan melakukan kunjungan ke Negeri Jiran, yaitu Malaysia dan Singapura. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari. Dimulai dari hari Selasa, tanggal 9 Januari sampai hari Sabtu, tanggal 13 Januari 2023.

Tanggal 9 Januari, pada dini hari jam 2.00, kami berkumpul di Kampus untuk bersama sama menuju Bandara YIA Kulonprogo yang lumayan jauh, sekitar 1 jam jarak tempuh jika berkendara roda empat. Kemudian, jam 7.30 kita sudah berangkat dengan maskapan AirAsia menuju Bandara Changi, Singapura.

Di sana, kita sudah disambut meriah oleh Tourguide yang telah kita sepakati, lalu, kita diajak keliling Singapura untuk melihat keindahan keindahan destinasi di sana, antara lain: Changi Airport, Merlion dan Air terjun buatan yang sangat indah. Pengalaman yang saya tidak bisa lupakan dan akan terus saya ingat adalah kenyataan bahasa di Singapura ternyata benar benar bersih dan rapih. Tidak ada di sepanjang jalan, orang yang berjualan sembarangan atau membuang sampah sembarangan. Di sana, tempat-tempat ibadah juga dikelola dengan rapih dan tertata.

Karena kesepakatan agenda kegiatan, jam 18.00 kita bertolak ke Malaysia, dan memakan waktu tempuh sekitar 4 jam. Setibanya di Malaysia, setelah melalui pengecekan Imigrasi dan makan Malam di jalan, sampailah kita di hotel, yang setelah diketahui, Hotel tersebut benar benar berada di tengah kota Kuala Lumpur. Alhasil, begitu indah kita lihat nuansa modern Negeri Jiran ini.

Pada tanggal 10 Januari, sekitar jam 6 pagi kita sudah bangun dan sarapan di Hotel, kemudian persiapan menuju kunjungan akademik, yaitu USIM (Universiti Sains Islam Malaysia). USIM meruakan kampus yang lumayan jauh dari hotel yang kita inapi, karenanya, kita memakan waktu kurang lebih 2 jam untuk sampai ke USIM.

Setibanya di USIM, kita di sambut hangat oleh mahasiswa-mahasiswa dan dosen sana. Karena kita sudah sering menjalin kerjasama, kita seperti saudara yang telah lama tak berjumpa. Di sana, kita melakukan kegiatan akademik berupa presentasi ilmiah yang disampaikan oleh pihak USIM dan UMY dan sedikit pengenalan budaya. Kita juga sudah mempersiapkan penampilan pencak silat sebagai pengenalan budaya dari Indonesia.

Hari hari telah berlanjut, kita mengunjungi UiTM, dan Sharing Session di salah satu TPA Muhammadiyah, dengan pembicara yakni, Mba Nuha, yaitu seorang Alumni PBA UMY angkatan 2017. Kita juga sudah mengunjungi destinasi-destinasi lainnya yang seru dan menyenangkan. Tidak lupa, di hari sebelum kepulangan, kita main ke Pasar Seni. Pasar yang menjajakan banyak souvenir untuk kita bawa pulang ke Indonesia esok hari.

Pada akhirnya, banyak sekali pelajaran yang bisa saya ambil di sini, dari mulai mengelola waktu, memanajemen teman teman untuk bisa bersama-sama mempersiapkan agenda KKL ini. Alhasil, kita telah melakukannya dan kita bisa.

Sekian dari saya, Ketua pelaksana KKL 2024,

Capeknya kita, Suksesnya Kita.