Menginstegrasikan nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran terutama matematika dengan tujuan menanamkan nilai-nilai pada siswa terkait pentingnya pendidikan karakter sehingga siswa dapat menginternalisasikan nilai tersebut kedalam aktivitas sehari-hari siswa dalam proses pembelajaran.Â
Dalam kegiatan pembelajaran seorang pendidik harus mengembangkan nilai-nilai karakter seperti jujur, demokrasi, bertanggung jawab, mandiri, dispilin, kerjakeras, rasa ingin tahu dan lain sebagainya. Â
Langkah langkah pengintegrasian pendidikan karakter menurut (Maryati & Priatna, 2017) dengan cara : 1) mengkaji SK, KD dan SI untuk mengetahui apakah nilai budata dan karakter bangsa yang tercantum sudah tercakup didalamnya, 2) menggunakan nilai budaya dan karkter yang memperlihatkan keterkaitan SK dan KD dengan indikator yang dikembangkan, 3) mencamtumkan nilai budaya dan karakter kedalam silabus, 4) mencamtumkan nilai yang sudah tertera dalam silabus ke RPP, 5) mengembangkan proses pembelajaran pserta didik secara aktif, 6) memberikan bantuan kepada peserta didik jika mengalami kesulitan selama peembelajaran.
Karakter konservasi merupakan sikap pribadi dimana selalu berusaha untuk melindungi dan melestarikam nilai budaya serta melakukan interkasi dengan lingkungan sekitar(Emalia Dewi Gea, Oslen Parulian Sijabat & Asima Rohana Situmorang, Tutiarny Naibaho, 2022). Pendidikan karakter berbasis konservasi memiliki makna untuk mengupayakan siswa dalam mengembangkan sikap religius, toleransi, jujur didalam lingkungan bermasyarakat. Â
Disekolah pendidikan karakter bukanlah dari suatu mata pelajaran melainkan seluruh mata pelajaran yang dipelajari saat setiap jenjangnya, sebagai contoh pembelajaran matematika karena matematika adalah pelajaran yang cukup efektif dalam membentuk suatu karakter siswa melalui dari perkembangannya mulai dari nalar dan pemahaman suatu nilai(Emalia Dewi Gea, Oslen Parulian Sijabat & Asima Rohana Situmorang, Tutiarny Naibaho, 2022).Â
Matematika juga memiliki nilai posistif dimana dapat dijadikan dalam mengembangkan nilai karakter dari dalam diri siswa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konservasi merupakan suatu pemeliharaan dalam mencegah kerusakan dan pemusnahan.Â
Nilai konservasi yang dipelajari nilai moral dan sosial dan tidak hanya di pahami dalam konteks fisik saja melainkan juga nilai non fisik yang dikembangkan secara terus menerus(Emalia Dewi Gea, Oslen Parulian Sijabat & Asima Rohana Situmorang, Tutiarny Naibaho, 2022). Menurut (Ridlo, 2016) karakter konservasi dapat dikembangkan melalui pembelajran berbasis konnservasi dengan pendekatan JAS ( Jelajah Alam Sekitar)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI