Mohon tunggu...
Ahmad Ade Irwanda
Ahmad Ade Irwanda Mohon Tunggu... Dosen Universitas Lancang Kuning

cara berfikir akan merubah tindakan, tindakan akan merubah kebiasaan, kebiasaan akan merubah karakter, karakter akan merubah kenyataan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kolaborasi Fasilkom UNILAK dan MAN 4 Pekanbaru: Pelatihan Desain UI/UX menggunakan Figma

13 Februari 2025   20:01 Diperbarui: 13 Februari 2025   20:02 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Peserta

Pada hari Kamis, 13 Februari 2025, telah dilaksanakan pelatihan desain antarmuka pengguna (UI/UX) menggunakan aplikasi Figma di MAN 4 Muara Fajar Pekanbaru. Pelatihan ini diikuti oleh 21 siswa dan siswi yang antusias untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam merancang antarmuka pengguna yang efektif dan menarik. Para peserta yang awalnya belum memiliki pengetahuan tentang UI/UX kini mulai mengenal konsep dasar desain antarmuka pengguna yang berfokus pada pengalaman pengguna yang optimal.
Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan akan keterampilan digital di kalangan pelajar semakin penting. Pelatihan ini menjadi kesempatan berharga bagi siswa-siswi MAN 4 Muara Fajar untuk memahami konsep-konsep dasar desain antarmuka pengguna, yang sebelumnya belum mereka ketahui. Mereka diajarkan mengenai prinsip-prinsip desain yang sederhana namun efektif, serta bagaimana cara mendesain antarmuka pengguna yang mempermudah interaksi dengan aplikasi atau website.
Pelatihan ini dipandu oleh tim yang diketuai oleh Bapak Afriansyah, M.Kom., MTA, serta didampingi oleh anggota tim Yogo Turnandes selaku pemateri yang memberikan pelatihan dan Vebby, M.Kom., MTA sebagai anggota Tim. Mereka membawa pengetahuan praktis dan teoritis yang luas mengenai desain antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna (UI/UX). Melalui pengenalan alat desain modern seperti Figma, siswa diberi pemahaman langsung tentang bagaimana proses desain antarmuka dapat dilakukan dengan mudah dan efisien.
Sebagai platform desain berbasis cloud, Figma memungkinkan siswa untuk belajar secara praktis dengan kolaborasi real-time. Sebelumnya, banyak siswa yang tidak familiar dengan alat desain ini, namun kini mereka merasa lebih percaya diri dalam menggunakan Figma untuk membuat desain mereka sendiri. Pelatihan ini memberikan pengetahuan teknis sekaligus membekali para peserta dengan keterampilan kreatif dalam merancang pengalaman pengguna yang menarik dan mudah digunakan.
Diharapkan bahwa pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa, tetapi juga mendorong mereka untuk terus mengembangkan kreativitas dan kemampuan problem-solving di bidang desain. Dengan bekal pengetahuan tentang UI/UX dan pengalaman menggunakan alat desain seperti Figma, siswa-siswi MAN 4 Muara Fajar diharapkan dapat lebih siap menghadapi tantangan dunia digital yang semakin berkembang, serta mampu berkontribusi dalam industri kreatif di masa depan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun