Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim, salah satu intinya adalah pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan dan penuh makna bagi transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada peserta didik.
Penulis menerapkan dalam Pembelajaran di Kelas 9 MTsN 4 Kota Surabaya, Mapel IPS dengan materi Kehidupan Masyarakat Indonesia sejak Awal Kemerdekaan hingga Masa Reformasi.
Penulis mengajak siswa belajar secara merdeka dan mereka saya beri kemerdekaan untuk membuat game edukasi tentang materi yang dimaksud.
Kelas 9F yang berjumlah 36 siswa tersebut saya bagi menjadi 6 kelompok sesuai dengan 6 materi yang harus mereka kerjakan dan selesai dalam waktu 2 minggu ke depan, dan pada waktu yang sudah disepakati inilah hasil permainan dari kelas 9F.
Hasil Karya Siswa yang Luar Biasa
Setelah dua minggu sesuai dengan kesepakatan maka terciptalah karya siswa berupa game edukasi yang mengupas masing-masing bagian yang sudah ditetapkan
1. Kelompok 1 dengan judul Permainan "Bolang-Baling Proklamasi"
Berupa permainan yang berisi tentang materi masa sebelum, saat dan sesudah proklamasi dengan segala permasalahannya
2. Kelompok 2 dengan judul permainan "Roda Gila Perjuangan"
Berupa permainan yang materinya adalah perjuangan mempertahankan kemerdekaan sampai pada masa RIS