Purwakarta, Jawa Barat – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) saat ini sedang mengadakan KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) yang dilaksanakan mulai dari tanggal 20 Agustus 2021. KKN-T gelombang II (dua) ini mengusung tema “Mengembangkan Literasi dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pusat Prestasi Nasional”. Tema tersebut diusung menjadi sebuah permasalahan terkait dengan rendahnya literasi pada masyarakat Indonesia.
Dikarenakan permasalahan yang telah disebutkan diatas, KKN-T UPI ikut berpartisipasi untuk meningkatkan literasi masyarakat Indonesia dengan menerjunkan mahasiswa/i untuk berperan langsung dalam meningkatkan literasi di masyarakat sekitar. Mahasiswa/i diharuskan untuk mencanangkan program unggulan yang berkaitan dengan peningkatan literasi masyarakat, khususnya siswa Sekolah Dasar. Literasi ini berperan lenting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di Indonesia, khususnya di sektor Pendidikan yang sangat memberikan dampak untuk bangsa dan negara.
Dalam kegiatan KKN-T yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i UPI tersebar ke berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di daerah Purwakarta yang berlokasi di SD Negeri 1 Nagri Kidul. Program kerja yang diterapkan berupa pengaplikasian bahan ajar menjadi lebih menarik menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. Aplikasi ini memiliki sistem kerja berupa berkas yang memiliki bentuk PDF, diubah menjadi lebih interaktif dengan penambahan efek gerakan serta suara ketika berganti halaman. Hal ini akan menstimulasi keinginan siswa untuk membaca materi yang ada. Selain itu, hal ini akan menjadi tambahan variasi pengadaan bahan ajar yang bisa dilakukan oleh guru pengajar di lokasi tersebut.
Penggunaan teknologi di masa kini sangat berguna untuk menjadikan guru memiliki lebih banyak variasi metode pengajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penggunaan aplikasi Flip PDF Professional ini diharapkan menjadi alternatif bagi guru untuk lebih berinovasi dalam menghadirkan bahan ajar untuk menarik minat belajar siswa. Hasil akhir dalam program kerja yang dicanangkan ini berupa guru memahami dan terbiasa dalam menggunakan salah satu aplikasi yang dapat menghadirkan variasi pengadaan bahan ajar yang menambah mutu literasi siswa supaya terus meningkat.
Penulis:
Ahmad Bari’ Taqiyyah, Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta.
Dr. Hayani Wulandari, M.Pd., Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 54.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H