Mohon tunggu...
Ahmad Adji Saputra
Ahmad Adji Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mendidik dengan hati, berinovasi tanpa henti, membangun masa depan yang inklusif untuk setiap anak.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Sikap Positif

5 Oktober 2024   15:52 Diperbarui: 5 Oktober 2024   16:24 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan sikap positif terhadap matematika peserta didik kelas VII-A SMPN 1 Sewon dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII-F SMPN 1 Sewon yang berjumlah 32 anak. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga pertemuan di siklus pertama dan dua pertemuan di siklus kedua. Pengumpulan data yang digunakan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan kriteria keberhasilan lebih dari 70% peserta didik mempunyai kemampuan literasi matematis pada kategori tinggi dan sikap positif dengan kriteria lebih dari 70% peserta didik mempunyai sikap positif minimal masuk kedalam kategori cukup dari hasil tes.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis dan sikap positif terhadap matematika peserta didik kelas VII-F SMPN 1 Sewon. Peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik dapat dicermati berdasarkan dari hasil tes yang menunjukkan bahwa masih ada 50% peserta didik masuk ke dalam kategori tinggi pada siklus I, kemudian menjadi 71,9% peserta didik berhasil memiliki kemampuan literasi matematis  tinggi pada siklus II. Sedangkan peningkatan Sikap positif peserta didik dapat dicermati dari hasil angket yang menunjukkan 56,26% peserta didik belum berhasil memiliki minimal cukup pada siklus I, menjadi 81,3% peserta didik berhasil memiliki sikap positif minimal cukup pada siklus II. Berdasarkan peningkatan tersebut, kemampuan literasi matematis dan sikap positif peserta didik pada siklus II telah memenuhi kriteria berhasil.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun