Â
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN Â TPACK Â DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
Â
Diskripsi Studi Kasus
Â
Bersumber dari kegiatan pembelajaran yang saya laksanakan di dalam kelas, terlihat beberapa masalah yang saya amati, antara lain siswa terlihat tidak bersemangat dalam belajar, peserta didik tidak ada yang bertanya walau sudah diberikan kesempatan  bertanya, saat diberi tugas peserta didik memiliki jawaban yang sama terlihat kalau peserta didik tidak serius mengerjakan tugas hanya mengandalkan tenman yang rajin saja.
Berdasarkan pengamatan saya selama mengajar materi statistika, siswa cenderung menunggu arahan saya, duduk diam mendengarkan, dan ada beberapa siswa yang membuka gawai mereka padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan selama proses belajar, ketika diberi pertanyaan pemantik peserta didik hanya diam atau menjawab sekedarnya saja.
Sebagai guru saya mencoba untuk merubah cara belajar atau menyampaikan materi yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Â Materi yang akan saya sampaikan adalah statistika dengan pokok bahasan penyajian data. Â Materi ini sangat penting karena terkait dalam kehidupan sehari-hari. Â Saya berharap dengan model pembelajaran baru, bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.
Analisis Situasi
Â