Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Solusi Pembelajaran Adaftif di Era 5.0: Melalaui Pemantauan Perkembangan Siswa secara Real-Time Berkelanjutan

22 Januari 2025   00:04 Diperbarui: 22 Januari 2025   00:04 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Belajar bareng Seru, tersedia di https://belajarbarengseru.org/pembelajaran-adaptif-yang-responsif-menyesuaikan-proses-belajar-dengan-kebutuhan-siswa-untuk-meningkatkan-hasil-pembelajaran

Solusi Pembelajaran Adaftif di Era 5.0: Melalui Pemantauan Perkembangan Siswa secara Real-Time Bekkelanjutan

Oleh: A. Rusdiana

Di era 5.0, teknologi semakin menjadi bagian integral dalam pengelolaan pembelajaran. Salah satu inovasi penting adalah pemantauan perkembangan siswa secara langsung, yang memberikan data terkini tentang performa siswa. Dengan teori pengambilan keputusan berbasis data, pemantauan ini menjembatani kesenjangan (GAP) antara proses pembelajaran tradisional yang lambat dan kebutuhan akan respons cepat terhadap dinamika belajar siswa. Tulisan ini penting untuk memperkuat peran guru muda dan pemangku kepentingan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan menuju Indonesia Emas 2045. Berikut lima strategi Pemantauan Perkembangan Siswa secara Langsung dan Berkelanjutan: 

Pertama: Pengumpulan Data secara Berkesinambungan; Teknologi real-time memungkinkan pengumpulan data perkembangan siswa secara terus-menerus, mulai dari kehadiran hingga hasil tugas harian. Data ini membantu guru memahami pola belajar siswa dan mengidentifikasi potensi masalah sejak dini.

Kedua: Identifikasi Cepat terhadap Tantangan Siswa; Dengan data yang selalu diperbarui, guru dapat mendeteksi penurunan performa siswa dengan segera. Sebagai contoh, nilai yang menurun dapat menjadi indikator perlunya pendampingan lebih intensif, memungkinkan intervensi dini sebelum masalah semakin besar.

Ketiga: Penyesuaian Strategi Pembelajaran secara Langsung; Informasi real-time mendukung fleksibilitas pembelajaran. Guru dapat mengubah metode, materi, atau pendekatan berdasarkan data terbaru tentang kebutuhan siswa, meningkatkan efektivitas proses belajar.

Keempat: Peningkatan Keterlibatan Orang Tua dan Pemangku Kepentingan; Data real-time juga bisa diakses oleh orang tua dan kepala sekolah, memperkuat kolaborasi. Orang tua dapat lebih memahami perkembangan anak, sedangkan kepala sekolah dapat memastikan guru menerapkan strategi yang efektif.

Kelima: Pengembangan Kompetensi Guru Muda; Guru muda dapat memanfaatkan data ini untuk mengasah kemampuan analitis dan pengambilan keputusan. Pemanfaatan teknologi mendorong mereka menjadi agen perubahan di era digital.

Pemantauan secara langsung berkesinambungan adalah solusi untuk pembelajaran adaptif, memungkinkan penyesuaian cepat dalam strategi pengajaran. Pemangku kepentingan pendidikan, termasuk kepala sekolah dan guru muda, disarankan untuk: 1) Meningkatkan literasi digital dalam pengelolaan pembelajaran; 2) Mengintegrasikan teknologi berbasis data ke dalam kurikulum sekolah; 3) Menyediakan pelatihan intensif untuk guru terkait penggunaan sistem pemantauan lansung berkelanjutan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun