Inspirasi dari Capaian Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam
Oleh: A. Rusdiana
Tantangan pendidikan di era 5.0 membutuhkan sosok pendidik dengan kompetensi unggul dan visi multidimensi. Mengedepankan sinergi antara teori, praktik, dan nilai-nilai pendidikan. Masih minimnya guru dan pemimpin pendidikan yang berorientasi pada solusi holistik dan adaptasi terhadap perubahan global. Menguraikan pelajaran dan inspirasi dari capaian Guru Besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Berikut lima pelajaran dan inspirasi dari capaian Guru Besar:
Pertama: Komitmen pada Kualitas Akademik dan Moral: Sertifikat Guru Besar mencerminkan dedikasi terhadap peningkatan ilmu dan moralitas. Ini harus menjadi teladan bagi guru muda dan tenaga kependidikan lainnya.
Kedua: Pengembangan Karir Multidimensional: Inspirasi untuk guru dan dosen untuk tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga peran sosial, dakwah, dan kepenulisan.
Ketiga: Peran sebagai Katalis Pendidikan: Guru Besar menjadi pusat inovasi dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan akademik.
Keempat: Membangun Jejak Kepemimpinan di Pendidikan: Guru Besar harus menjadi panutan bagi kepala sekolah dan pemimpin pendidikan untuk mengelola lembaga secara adaptif dan inovatif.
Kelima: Rekomendasi untuk Pemangku Kepentingan Pendidikan: Kepala sekolah, guru, dan staf pendukung harus memanfaatkan pencapaian ini sebagai momentum untuk reformasi pendidikan yang berbasis teknologi dan kolaborasi.
Prestasi Guru Besar memberikan panduan bagi pengembangan pendidikan holistik, termasuk penguatan kompetensi guru dan tenaga pendidikan lainnya. Maka dengan ini, meberikan rekomendasi bahwa: 1) Meningkatkan pelatihan berbasis sertifikasi bagi guru muda; 2) Mengembangkan forum diskusi kolaboratif antara guru, dosen, dan kepala sekolah; 3) Memperkuat peran guru dalam menciptakan pendidikan inklusif untuk semua lapisan masyarakat; 4) Mendorong pendekatan berbasis teknologi untuk pendidikan di era 5.0.
Pencapaian Prestasi Guru Besar menjadi pendorong peningkatan kompetensi pendidikan untuk membangun bangsa yang siap menyongsong Indonesia Emas 2045. Wallahu A'lam.