Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Mendukun peran Guru dalam pembelajaran Adaftif untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045

8 Januari 2025   21:34 Diperbarui: 8 Januari 2025   21:34 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Portalbaraya tersedia di https://www.portalbaraya.com/pendidikan/53710571508/apa-kelebihan-yang-mendukung-peran-sebagai-guru-penggerak?

Mendukung Peran Guru dalam Pembelajaran Adaptif untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045

Oleh: A. Rusdiana

Dalam menghadapi era 5.0, sistem pendidikan harus mampu merespons kebutuhan individu siswa secara fleksibel dan inovatif. Pembelajaran adaptif, didukung oleh teknologi, menjadi pendekatan kunci untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih inklusif dan efektif. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka melalui strategi personalisasi. Teori konstruktivisme sosial menekankan bahwa pembelajaran harus relevan dengan konteks dan kebutuhan siswa. Teknologi seperti platform Edmodo atau Nearpod memungkinkan guru mengadopsi pembelajaran adaptif, di mana materi dan aktivitas disesuaikan dengan gaya belajar, minat, dan kemampuan siswa. Meskipun teknologi telah tersedia, banyak guru belum mendapatkan pelatihan yang memadai untuk mengintegrasikan pembelajaran adaptif ke dalam kelas. Selain itu, masih terdapat kesenjangan akses teknologi antara sekolah perkotaan dan pedesaan. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis kepada guru muda dan pemangku kepentingan pendidikan dalam mengadopsi pembelajaran adaptif. Dengan pendekatan ini, siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan mereka, yang akan membantu membangun generasi unggul untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Berikut panduan pendidikan dalam mengadopsi pembelajaran adaptif:

Pertama: Teknologi Sebagai Alat untuk Personalisasi Pembelajaran; Platform seperti Edmodo, Nearpod, dan Khan Academy memungkinkan guru untuk menyediakan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Teknologi ini membantu guru melacak perkembangan siswa, memberikan umpan balik real-time, dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran berdasarkan data hasil belajar.

Kedua: Mendorong Keterlibatan Siswa Melalui Interaktivitas; Pembelajaran adaptif memungkinkan siswa untuk belajar melalui metode yang menarik, seperti simulasi, video interaktif, dan kuis adaptif. Contohnya, Nearpod menyediakan fitur pembelajaran interaktif yang dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa, mendorong keterlibatan yang lebih tinggi dan hasil belajar yang lebih baik.

Ketiga: Penguatan Peran Guru Sebagai Fasilitator; Guru dalam pembelajaran adaptif tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menjadi fasilitator yang membantu siswa mengakses sumber belajar yang relevan. Hal ini memerlukan pelatihan agar guru dapat menggunakan teknologi secara efektif, misalnya dengan mengelola kelas berbasis Learning Management System (LMS).

Keempat: Meningkatkan Kolaborasi dengan Teknologi; Teknologi juga memfasilitasi kolaborasi antara siswa dan guru. Melalui aplikasi seperti Google Classroom dan Microsoft Teams, guru dapat mengelola proyek kelompok yang melibatkan siswa dengan berbagai tingkat kemampuan, sehingga meningkatkan kemampuan kerja sama dan penyelesaian masalah.

Kelima: Tantangan dan Solusi Implementasi Pembelajaran Adaptif; Beberapa tantangan yang dihadapi termasuk resistensi terhadap perubahan dari guru senior, kurangnya infrastruktur teknologi, dan keterbatasan anggaran sekolah. Solusi yang dapat diterapkan meliputi: 1) Pelatihan guru secara berkala tentang pembelajaran adaptif; 2) Penyediaan perangkat teknologi yang terjangkau oleh pemerintah dan swasta; 3) Kemitraan antara sekolah dan perusahaan teknologi untuk mendukung akses dan pelatihan.

Pembelajaran adaptif, dengan dukungan teknologi, memungkinkan guru untuk memenuhi kebutuhan individu siswa, meningkatkan keterlibatan, dan memastikan hasil belajar yang lebih baik. Dengan mempersiapkan guru muda untuk menguasai teknologi adaptif, Indonesia dapat mencetak generasi yang siap bersaing di tingkat global, sesuai dengan visi Indonesia Emas 2045. dengan ini, merekomendasikan kepada: 1) Para Guru Muda: Tingkatkan kompetensi dalam menggunakan teknologi seperti Edmodo dan Nearpod melalui pelatihan online dan berbagi praktik terbaik dengan rekan kerja; 2) Untuk Kepala Sekolah/Pimpinan: Sediakan program pelatihan adaptif yang berfokus pada personalisasi pembelajaran dan manfaatkan dana BOS untuk membeli perangkat teknologi pendukung; 3) Untuk Pemerintah: Perluas infrastruktur digital di sekolah-sekolah daerah dan buat kebijakan yang mendorong kolaborasi antara institusi pendidikan dan sektor teknologi.

Dengan pendekatan ini, peran guru dalam pembelajaran adaptif dapat dioptimalkan untuk mempersiapkan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan inovatif menghadapi tantangan era 5.0 dan menyongsong Indonesia Emas 2045. Wallahu A'lam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun