Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Peningkatan keterlibatan Siswa Dalam Proses Belajar dengan Teknologi Era 5.0

8 Januari 2025   05:09 Diperbarui: 8 Januari 2025   06:03 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Citalahab, tersedia di https://citalahab.desa.id/meningkatkan-keterlibatan-siswa-mengaktifkan-peran-aktif-dalam-proses-pembelajaran

Peningkatan Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar dengan Teknologi Era 5.0

Oleh: A. Rusdiana

Proses belajar yang efektif sangat dipengaruhi oleh keterlibatan siswa. Namun, banyak metode pembelajaran tradisional yang kurang mampu menarik perhatian siswa, terutama di era digital ini. Fenomena menunjukkan rendahnya partisipasi aktif siswa di kelas akibat metode yang monoton dan kurang relevan dengan gaya belajar mereka. Teori pembelajaran kolaboratif menekankan pentingnya partisipasi siswa sebagai aktor utama dalam proses pembelajaran. Teknologi, khususnya deep learning, mampu mendeteksi preferensi belajar siswa, seperti minat terhadap visual, teks, atau audio, untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan efektif. Namun, terdapat GAP antara potensi teknologi yang tersedia dan implementasinya dalam sistem pendidikan. Tulisan ini bertujuan memberikan wawasan kepada pemangku kepentingan pendidikan, termasuk guru muda dan kepala sekolah, untuk memanfaatkan teknologi guna meningkatkan keterlibatan siswa dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Betikut elaborasi dari Peningkatan Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar dengan Teknologi Era 5.0: 

Pertama: Memahami Preferensi Belajar Siswa; Teknologi deep learning dapat menganalisis data perilaku siswa untuk mengidentifikasi gaya belajar mereka, seperti: 1) Visual Learners: Menyukai gambar, video, atau animasi; 2) Auditory Learners: Lebih efektif belajar melalui penjelasan verbal atau podcast; 3) Kinesthetic Learners: Mengutamakan pembelajaran melalui praktik langsung. Pemahaman ini membantu guru merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Kedua: Mengembangkan Materi yang Menarik; Berdasarkan analisis preferensi belajar, guru dapat menciptakan materi yang menarik, seperti: 1) Video animasi interaktif untuk menjelaskan konsep kompleks; 2) Infografik untuk merangkum informasi secara visual3) Simulasi berbasis teknologi untuk pembelajaran praktik. Materi yang relevan dengan preferensi siswa meningkatkan motivasi dan partisipasi mereka.

Ketiga: Meningkatkan Interaksi Melalui Media Digital; Platform pembelajaran digital memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi atau sesama siswa. Contohnya: 1) Diskusi kelompok melalui forum online; 2) Permainan edukatif yang mengintegrasikan kerja sama tim; 4) Kuis interaktif dengan umpan balik langsung.
Interaksi ini menciptakan pengalaman belajar yang lebih kolaboratif dan menyenangkan.

Keempat: Meningkatkan Peran Guru sebagai Fasilitator; Dengan bantuan teknologi, guru dapat beralih dari peran tradisional sebagai penyampai informasi menjadi fasilitator pembelajaran. Guru dapat: 1) Menggunakan data analitik untuk mengidentifikasi siswa yang memerlukan perhatian khusus; 2) Memberikan panduan personal berdasarkan kebutuhan individu siswa; 3) Mendorong siswa untuk belajar secara mandiri dan kreatif.

Kelima: Manfaat bagi Pemangku Kepentingan Pendidikan; 1) Teknologi untuk meningkatkan keterlibatan siswa memberikan dampak positif bagi semua pemangku kepentingan: 2) Kepala Sekolah: Meningkatkan reputasi sekolah dengan hasil pembelajaran yang lebih baik; 3) Guru/Dosen: Mempermudah proses pengajaran dengan pendekatan yang relevan; 4) Tenaga Kependidikan: Memanfaatkan teknologi untuk memantau perkembangan siswa secara efisien.

Peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar merupakan kunci untuk menciptakan generasi muda yang kompeten dan siap menghadapi tantangan era Society 5.0. Teknologi deep learning menjadi alat yang efektif untuk memahami preferensi belajar siswa, menciptakan materi menarik, dan meningkatkan interaksi belajar.  Untuk hal itu maka: 1) Para Kepala Sekolah/Pimpinan: Investasikan pada teknologi pembelajaran berbasis deep learning; 2) Guru Muda: Manfaatkan data preferensi siswa untuk merancang materi pembelajaran yang menarik; 3) Tenaga Kependidikan: Tingkatkan literasi teknologi untuk mendukung proses pembelajaran.

Dengan kolaborasi semua pihak, sistem pendidikan Indonesia dapat memberikan kontribusi signifikan untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Wallahu A'lam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun