Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Sistem Lederboard untuk Mengukur Pencapaian Tim dan Individu di Era 5.0

29 Desember 2024   04:40 Diperbarui: 29 Desember 2024   04:40 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Tekno.Kompas, Tersedia di  https://tekno.kompas.com/read/2022/07/07/12450037/cara-melihat-leaderboards-mobile-legends-ml-untuk-lihat-pemain-top-global#google_vignette

Sistem Leaderboard untuk Mengukur Pencapaian Tim dan Individu di Era 5.0

Oleh: A. Rusdiana

Di era 5.0, dunia pendidikan menghadapi tuntutan untuk lebih transparan, kolaboratif, dan berbasis data. Salah satu pendekatan inovatif adalah penerapan sistem leaderboard untuk mengukur pencapaian tim dan individu dalam lingkungan pendidikan. Sistem ini mencatat indikator kuantitatif seperti kontribusi ide, kecepatan penyelesaian tugas, dan keselarasan dengan tujuan proyek. Dalam teori Behavior Shaping, penghargaan berbasis data dapat mendorong perilaku positif yang berulang, sementara Fun Learning menekankan pentingnya motivasi intrinsik melalui pendekatan yang menarik. Namun, saat ini terdapat GAP dalam implementasi metode evaluasi yang transparan di banyak institusi pendidikan. Guru dan tenaga kependidikan sering merasa kurang dihargai karena sistem evaluasi yang tidak mencerminkan kontribusi nyata mereka. Sistem leaderboard dapat menjadi solusi untuk memotivasi talenta muda, terutama guru dan tenaga kependidikan, dalam membangun bangsa dan mempersiapkan Indonesia Emas 2045. Sistem ini mendukung penerapan Kurikulum Deep Learning yang menekankan kolaborasi, kreativitas, dan evaluasi berbasis data. Berikut elaborasi dari Sistem Leaderboard untuk Mengukur Pencapaian Tim dan Individu di Era 5.0:

Pertama: Transparansi dalam Pencapaian; Leaderboard menciptakan transparansi dengan mencatat kontribusi setiap individu dan tim secara objektif.Contoh: Dalam rapat penyusunan program tahunan sekolah, leaderboard mencatat ide-ide yang diberikan guru serta implementasi ide tersebut dalam program kerja.

Kedua: Meningkatkan Motivasi melalui Kompetisi Sehat; Leaderboard mendorong kompetisi sehat di antara guru dan tenaga kependidikan. Penghargaan berbasis peringkat dapat meningkatkan motivasi kerja tanpa menimbulkan konflik. Contoh: Guru dengan peringkat tertinggi berdasarkan kontribusi dapat diberikan penghargaan seperti kesempatan pelatihan tambahan atau sertifikat penghargaan.

Ketiga: Mengukur Keselarasan dengan Tujuan Proyek; Sistem ini dapat menilai sejauh mana kontribusi individu sesuai dengan tujuan proyek. Hal ini memastikan semua pihak bergerak ke arah yang sama.Contoh: Dalam pengembangan kurikulum, leaderboard dapat mencatat kontribusi yang mendukung penerapan Kurikulum Deep Learning, seperti desain pembelajaran berbasis proyek.

Keempat: Umpan Balik untuk Pengembangan Profesional; Data yang tercatat dalam leaderboard dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada guru dan tenaga kependidikan, membantu mereka mengenali area yang perlu ditingkatkan. Contoh: Seorang guru yang sering kali memberikan ide namun kurang efektif dalam implementasi dapat menerima pelatihan untuk meningkatkan keterampilan eksekusi.

Kelima: Penerapan Gamifikasi dalam Pendidikan; Gamifikasi melalui leaderboard menjadikan proses kerja lebih menyenangkan. Sistem ini mengintegrasikan elemen permainan seperti poin, badge, dan level. Contoh: Guru yang berhasil menyelesaikan tugas tertentu tepat waktu dapat memperoleh poin tambahan yang meningkatkan peringkat mereka.

Singkat kata, Sistem leaderboard adalah alat inovatif yang dapat meningkatkan transparansi, motivasi, dan kolaborasi dalam dunia pendidikan. Dengan mencatat kontribusi individu dan tim secara objektif, sistem ini mendukung pengembangan talenta muda, terutama guru dan tenaga kependidikan, menuju tantangan era 5.0 dan Indonesia Emas 2045. Dengan ini, merekomendasikan: 1) Bagi pimpinan institusi pendidikan: Implementasikan sistem leaderboard untuk mencatat dan mengapresiasi kontribusi guru dan tenaga kependidikan; 2) Bagi guru dan tenaga kependidikan: Gunakan leaderboard sebagai alat untuk mengevaluasi diri dan meningkatkan keterampilan; 3) Bagi pemerintah: Dukung pengembangan teknologi leaderboard di institusi pendidikan melalui kebijakan dan pendanaan; 4) Bagi pengembang teknologi pendidikan: Ciptakan sistem leaderboard yang mudah digunakan dan dapat diintegrasikan dengan platform pembelajaran yang ada; 5) Bagi masyarakat pendidikan: Promosikan budaya apresiasi yang sehat, menjadikan leaderboard sebagai alat pengembangan, bukan sekadar kompetisi.

Dengan penerapan sistem leaderboard yang efektif, pendidikan Indonesia dapat melangkah lebih jauh dalam membangun generasi emas yang adaptif, kompetitif, dan inovatif. Wallahu A'lam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun