Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Kemampuan Guru dalam Personalisasi Pembelajaran: Mencapai Versi Terbaik Murid

19 Desember 2024   21:12 Diperbarui: 19 Desember 2024   21:12 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Mmediacenter, tersedia di  https://mediacenter.palangkaraya.go.id/gaya-mengajar-personalisasi-ciptakan-pembelajaran-kondusif

Kemampuan Guru dalam Personalisasi Pembelajaran: Mencapai Versi Terbaik Murid

Pendahuluan

Di era Society 5.0, pendidikan menghadapi tantangan besar untuk memenuhi kebutuhan murid yang beragam. Salah satu pendekatan yang mulai diakui adalah personalisasi pembelajaran, di mana guru menyesuaikan strategi, metode, dan lingkungan belajar berdasarkan kebutuhan unik setiap murid. Personalisasi pembelajaran memiliki kesamaan dengan pendekatan dokter dalam menangani pasien: diagnosis, pemetaan kebutuhan, dan pemberian solusi individual. Namun, praktik ini masih terbatas pada pendidikan khusus atau sekolah inklusi, seperti dalam Individualized Educational Program (IEP). Dalam pendidikan umum, penerapan ini masih menjadi GAP besar, di mana banyak guru belum memiliki keterampilan untuk memetakan kebutuhan murid secara efektif. Tulisan ini menyoroti pentingnya personalisasi pembelajaran bagi guru muda dan pemangku kepentingan pendidikan untuk memastikan bahwa setiap murid mampu mencapai potensi terbaiknya. Berikut lima konten dari pentingnya Kemampuan Guru dalam Personalisasi Pembelajaran: Mencapai Versi Terbaik Murid:

Pertama: Personalisasi sebagai Mindset, Bukan Hanya Strategi; Personalisasi pembelajaran tidak sekadar pendekatan teknis; ini adalah perubahan paradigma; 1) Pandangan Murid yang Unik: Guru harus melihat murid sebagai individu dengan kebutuhan spesifik, bukan sebagai bagian dari kelompok homogen;2) Menghapus Prinsip Satu untuk Semua: Tidak ada lagi pendekatan "satu desain pembelajaran untuk semua."

Kedua: Keterampilan Guru dalam Asesmen Diagnostik; Guru perlu menguasai teknik asesmen diagnostik untuk memetakan kebutuhan murid;1) Instrumen Sederhana yang Efektif: Alat asesmen yang sederhana seperti wawancara dan pengamatan dapat memberikan informasi berharga; 2) Manfaat Diagnostik: Data dari asesmen diagnostik membantu guru merancang pembelajaran yang relevan dan sesuai kebutuhan.

Ketiga: Model dan Penyesuaian dalam Personalisasi Pembelajaran; Guru perlu menguasai berbagai model personalisasi pembelajaran; 1) Penyesuaian Materi dan Proses: Lingkup materi dan metode pengajaran dapat disesuaikan dengan profil belajar murid. 2) Penugasan dan Proyek: Penyesuaian tugas berdasarkan minat dan kemampuan murid membantu meningkatkan keterlibatan mereka; 3) Lingkungan Pembelajaran yang Inklusif: Lingkungan belajar harus mendukung kolaborasi tanpa menciptakan dikotomi antar murid.

Keempat: Pentingnya Asesmen Formatif Berkelanjutan; Asesmen formatif memberikan umpan balik berkelanjutan untuk perbaikan pembelajaran; 1) Penekanan pada Proses Belajar: Fokus pada asesmen formatif membantu murid memahami proses belajar mereka; 2) Dampak pada Guru: Guru dapat terus memperbaiki strategi pengajaran berdasarkan hasil asesmen formatif.

Kelima: Menghindari Dikotomi Berlebihan dalam Pengelompokan Murid; Pengelompokan murid adalah salah satu strategi personalisasi, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati; 1) Hindari Labelling: Pengelompokan berdasarkan kemampuan harus fleksibel agar tidak menciptakan stigma; 2) Membangun Kelas yang Saling Menguatkan: Kelas harus menjadi ekosistem pembelajaran yang mendorong kolaborasi dan rasa hormat antar murid.

Singkatnya, Personalisasi pembelajaran adalah kunci untuk memastikan setiap murid mencapai versi terbaiknya. Namun, keberhasilan pendekatan ini bergantung pada kemampuan guru dalam mengubah mindset, menggunakan asesmen diagnostik, menerapkan model pembelajaran yang fleksibel, dan fokus pada asesmen formatif. Hal itu akan berimplikasi pada: 1) Kepala/Pimpinan Sekolah: Fasilitasi pelatihan intensif tentang personalisasi pembelajaran bagi guru; 2) Guru Muda: Tingkatkan keterampilan dalam asesmen diagnostik dan adaptasi strategi pengajaran; 3) Pemangku Kepentingan: Bangun ekosistem pendidikan yang mendukung fleksibilitas dan inovasi dalam pengajaran.

Dengan strategi yang tepat, personalisasi pembelajaran dapat menjadi langkah besar dalam membangun generasi Indonesia yang siap menghadapi tantangan di era 5.0 dan menyongsong Indonesia Emas 2045. Wallahu A'lam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun