Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membentuk Etika Kerja di Era Digital: Tantangan dan Strategi untuk Generasi Emas Indonesia

25 November 2024   18:46 Diperbarui: 25 November 2024   18:53 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dok. Kegiatan Bimbingan Penulisan Proposal Skripsi berbasis digital SALAM MPI S1 Kelompok 16 (25 Nop 2024)

Membentuk Etika Kerja di Era Digital: Tantangan dan Strategi untuk Generasi Emas Indonesia

Oleh: A. Rusdiana

Transformasi digital dalam era 5.0 telah membawa perubahan besar dalam cara manusia bekerja dan berinteraksi. Generasi Z, yang tumbuh dengan akses teknologi tanpa batas, menghadapi tantangan besar untuk menyeimbangkan produktivitas dengan etika kerja. Di sisi lain, etika kerja. termasuk tanggung jawab, disiplin, dan kolaborasi, adalah pilar keberhasilan di dunia profesional. Menurut teori social learning, individu belajar melalui observasi dan pembiasaan. Namun, saat ini terdapat kesenjangan (GAP) di mana teknologi sering kali digunakan tanpa pengawasan etis yang memadai. Hal ini bisa menyebabkan generasi muda kurang memiliki tanggung jawab dalam pekerjaan mereka. Tulisan ini penting untuk memberi panduan kepada guru dalam membentuk etika kerja digital yang relevan dengan kebutuhan Gen Z, membantu menciptakan talenta muda yang unggul untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. Berikut ini adalah eksplorasi lebih lanjut mengenai: Membentuk Etika Kerja di Era Digital: Tantangan dan Strategi untuk Generasi Emas Indonesia: 

Pertama: Mengintegrasikan Etika Kerja dalam Pembelajaran Digital; Pembelajaran berbasis teknologi seperti bimbingan proposal digital, sebagaimana dalam kegiatan Kelompok 16 MPI, harus mengajarkan etika digital sejak awal. Guru dapat: 1) Mengawasi Penggunaan Teknologi: Membimbing siswa untuk menggunakan perangkat digital secara bertanggung jawab. 2) Menekankan Akurasi dan Kredibilitas: Mendorong siswa untuk memverifikasi informasi sebelum menggunakannya dalam karya akademik; 3) Menghindari Plagiarisme: Memberikan pelatihan tentang pentingnya orisinalitas dalam penulisan. Berikut persaratan Ujian Proposal ditayang kan pada layar i atas ;

Sumber: Dok. Kegiatan Bimbingan Penulisan Proposal Skripsi berbasis digital SALAM MPI S1 Kelompok 16 (25 Nop 2024)
Sumber: Dok. Kegiatan Bimbingan Penulisan Proposal Skripsi berbasis digital SALAM MPI S1 Kelompok 16 (25 Nop 2024)

Kedua: Membiasakan Tanggung Jawab dan Komitmen; Etika kerja dimulai dengan tanggung jawab. Guru dapat membentuk kebiasaan ini dengan: 1) Memberikan Tugas Berbatas Waktu: Melatih siswa untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. 3) Evaluasi Berbasis Proses: Menilai siswa tidak hanya dari hasil, tetapi juga proses kerja mereka. 4) Kontrak Belajar: Membuat perjanjian tertulis untuk meningkatkan komitmen siswa terhadap target pembelajaran. Berikut Kotrak belajar yang dibuat bahasiswa, pada saat bimbinga:

Sumber: Dok. Kegiatan Bimbingan Penulisan Proposal Skripsi berbasis digital SALAM MPI S1 Kelompok 16 (25 Nop 2024)
Sumber: Dok. Kegiatan Bimbingan Penulisan Proposal Skripsi berbasis digital SALAM MPI S1 Kelompok 16 (25 Nop 2024)

Ketiga: Membangun Kolaborasi yang Etis; Kolaborasi adalah keterampilan penting di era 5.0. Guru dapat mendorong etika kolaborasi melalui: 1) Proyek Kelompok Digital: Melatih siswa bekerja sama menggunakan alat kolaborasi seperti Google Docs atau Microsoft Teams; 2) Peran yang Jelas: Menentukan tugas setiap anggota kelompok untuk menghindari dominasi atau ketidakaktifan; 3) Resolusi Konflik: Mengajarkan cara menyelesaikan perbedaan pendapat secara profesional.

Keempat: Memanfaatkan Teknologi untuk Etika Profesional; Teknologi dapat digunakan untuk mengembangkan etika kerja, seperti: 1) Simulasi Dunia Kerja: Menggunakan platform seperti Trello atau Asana untuk memberikan pengalaman kerja nyata. 2) E-Portfolios: Mendorong siswa membuat portofolio digital yang menunjukkan keterampilan dan etika profesional mereka. 5) Pengawasan Digital: Memantau dan memberi umpan balik tentang penggunaan teknologi secara etis.

Kelima: Menanamkan Nilai Integritas di Era Digital; Integritas adalah fondasi etika kerja. Guru dapat: 1) Memberikan Contoh Nyata: Menceritakan kisah sukses dari individu yang menunjukkan integritas tinggi; 2) Penghargaan atas Kejujuran: Memberikan apresiasi kepada siswa yang menunjukkan kejujuran akademik; 3) Simulasi Keputusan Etis: Mengadakan diskusi atau debat tentang kasus etika digital untuk melatih siswa berpikir kritis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun